-->
  • Jelajahi

    Copyright © BATU BERTULIS NEWS
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Program Ketahanan Pangan, Pemdes Tapang Perodah dan PT Agro Andalan Tanam Padi Musim Gadu

    Bertulis Network
    Friday 25 June 2021, June 25, 2021 WIB
    Pemerintah Desa Tapang Perodah berkolaborasi dengan PT Agro Andalan lakukan penanaman padi musim gadu 2021, Kamis (24/06/2021)


    Sekadau, Batubertulisnews.com - Dalam rangka menciptakan ketahanan pangan di tengah pandemi Covid-19. Pemerintah Desa Tapang Perodah berkolaborasi dengan PT Agro Andalan lakukan penanaman padi musim gadu 2021, Kamis (24/06/2021)


    Penanaman padi perdana tersebut dilakukan di Desa Tapang Perodah, Kecamatan Sekadau Hulu, Kabupaten Sekadau.


    General Manager PT.Agro Andalan Imanuel Tibian menyampaikan, untuk tahun 2021 pihaknya mulai mengaktifkan dua kelompok tani yaitu kelompok tani Glotado desa Setawar dan Jundak Mayang Mengurai di desa Tapang Perodah dalam program tanam padi gadu tersebut. 


    Hal itu dilakukan, melihat potensi alam di tiga desa di wilayah perusahaan PT Agro Andalan yakni desa Setawar, Pemubuh, dan Tapang Perodah yang cukup besar. 


    Imanuel Tibian menuturkan, potensi yang besar tersebut sangat disayangkan jika hanya digunakan para petani untuk menanam padi sekali panen dalam setahun. 


    Sehingga pihaknya pun berkolaborasi dengan kelompok tani, dalam bentuk bantuan bibit, pupuk dan pelatihan agar nantinya panen padi dapat dilakukan 3 kali setahun. 


    "Saya percaya kelompok petani ini pasti sukses. Tahun depan kita coba 3 kali panen. Kita tambah jumlah kelompok tani dan luasannya," tandasnya.


    Begitupula dengan Kades Tapang Perodah, Cantong yang meyakini program tersebut dapat berjalan dengan baik jika di dukung oleh semua pihak. 


    Ia pun berterima kasih atas dukungan dari PT Agro Andalan dalam  program tersebut. Dimana PT.Agro Andalan bertindak sebagai pendorong utama program tersebut, dimana penyediaan benih, herbisida, serta bimbingan teknis penenaman padi gadu tahun 2021. 


    Selain itu, Cantong juga berterimakasih atas dukungan Pemerintah Kabupaten Sekadau, khususnya Bupati Sekadau Aron yang telah hadir langsung dalam penanaman perdana padi gadu pada hari itu. 


    Sementara itu, Bupati Sekadau Aron memastikan Pemerintah Kabupaten Sekadau sangat mendukung program pertanian tersebut. Dirinya meminta agar dinas terkait dan tenaga penyuluh pertanian dapat konsisten membimbing para petani untuk mewujudkan ketahanan pangan di Kabupaten Sekadau. 


    Ucapan terima kasih pun disampaikan bagi PT Agro Andalan atas partisipasinya dalam rangka membantu petani mengembangkan potensi alam yang ada.


    "Kita melihat daerah ini potensinya luar biasa, kedepan akan menjadi prioritas kita juga dalam rangka memastikan tempat-tempat ini dikelola dengan semaksimal mungkin,"ujarnya. 


    Aron menilai, jika para petani sudah terbiasa dengan pola tanam yang baru tentu bukanlah hal sulit bagi tenaga penyuluh untuk membantu para pertani. 


    Namun yang menjadi tantangan saat ini adalah mengubah pola pikir petani dan cara kerjanya. Sehingga membutuhkan usaha yang lebih besar dari semua pihak. 

     

    Aron berharap, semua perusahaan yang ada di Kabupaten Sekadau dapat berkontribusi dalam mensejahterakan masyarakat di sekitarnya. (Red/Krs)

    Komentar

    Tampilkan