-->
  • Jelajahi

    Copyright © BATU BERTULIS NEWS
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Budaya Gotong Royong Dalam Berladang

    Bertulis Network
    Saturday 21 August 2021, August 21, 2021 WIB
    Proses penanaman padi (nugal) diladang, Sabtu (21/8/2021). Sumber foto: Rt/ Batubertulisnews

    Sekadau, Batubertulisnews.com - Tradisi berladang dengan kearifan lokal masih dilakukan masyarakat Khususnya suku Dayak di daerah Kalimantan setiap tahun guna ketahanan pangan dan memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Sabtu (21/8/2021).

    Berladang merupakan penanaman padi, sayuran, rempah-rempah dibukit atau dataran tinggi yang mulai dari pembukaan lahan, pembenihan, merumput, dan sampai panen.

    Budaya gotong royong menugal ladang, Sabtu (21/8/2021). Sumber foto : Rt/ Batubertulisnews.

    Untuk Kalimantan ada beberapa daerah yang masih melakukan hal tersebut Seperti yang dilakukan masyarakat di Dusun Jopo, Desa Cupang Gading, Kecamatan Sekadau Hulu, Kalimantan Barat.

    Yang menarik dari kegiatan berladang tersebut salah satunya tradisi menugal ladang dengan bergotong royong ( yang dikerjakan banyak orang).

    Namun Sebelum mulai menugal ladang, biasanya dilakukan ritual adat guna minta berkat pada yang kuasa dalam doa secara adat supaya ladang diberkati dan padi tumbuh subur.

    Berladang dengan kearifan lokal, Sabtu (21/8/2021). Sumber foto : Rt/ Batubertulisnews

    "Meskipun sekarang dunia sedang dilanda pandemi, namun tidak berpengaruh dan merubah tradisi tahunan dalam kegiatan menugal ladang", ujar Jojo.

    Dengan jumlah sekitar 40 orang ikut menugal ladang yang memiliki luas sekitar 300 M, dengan cara bergotong royong menugal ladang bisa diselesaikan dalam waktu 2-3 jam. (Rt)

    Komentar

    Tampilkan