-->
  • Jelajahi

    Copyright © BATU BERTULIS NEWS
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Ikuti Rapimda Pemuda Katolik Kalbar, Pemuda Katolik Sekadau Sampaikan Sejumlah Rekomendasi

    Bertulis Network
    Sunday 22 August 2021, August 22, 2021 WIB
    Ketua Pemuda Katolik bersama pengurus Pemuda Katolik saat menghadiri rapat virtual, Sabtu (20/8/2021). Sumber foto : KT/Batubertulisnews.

    Sekadau, Batubertulisnews.com - Rapat Pimpinan Daerah (Rapimda) Pemuda Katolik Kalimantan Barat yang dilaksanakan secara daring/virtual pada Sabtu, 21 Agustus 2021 dengan tema “Konsisten Melaksanakan Kaderisasi dan Konsolidasi Organisasi” yang dihadiri 14 Komisariat Cabang (Komcab) Kabupaten/Kota Se-Kalimantan Barat melahirkan sejumlah Rekomendasi baik yang bersifat internal maupun yang bersifat eksternal.

    Hal itu disampaikan Ketua Komisariat Cabang (Komcab) Pemuda Katolik Kabupaten Sekadau Abun Tono, SP usai mengikuti rapat pimpinan daerah Pemuda Katolik Kalimantan Barat yang dilaksanakan secara daring/virtual di Rumah Betang Youth Center Sekadau, Sabtu 21 Agustus 2021 pekan kemarin.

    Menurut Abun Tono, adapun rekomendasi yang dihasilkan dalam Rapimda Pemuda Katolik Kalimantan Barat tersebut antara lain, untuk rekomendasi internal. Kegiatan organisasi harus tetap berjalan di tengah pandemi -19, mengikuti regulasi yang ditetapkan pemerintah dan menerapkan protokol kesehatan secara ketat, terutama kegiatan kaderisasi dan konsolidasi organisasi, Mendukung pelaksanaan Kongres Nasional XVIII Pemuda Katolik 2021 di Kota Semarang pada tanggal 12 -14 November 2021 dengan Tuan Rumah Pengurus Pemuda Katolik Komda Jawa Tengah.

    Sementara untuk rekomendasi eksternal Lanjut Abun Tono meliputi dalam hal penangangan pandemi covid-19, Pemuda Katolik Kalbar berharap kebijakan pemerintah dalam penanganan pandemi tetap dengan prioritas menjaga keselamatan rakyat, penerapan kebijakan seperti PPKM hendaknya dilaksanakan secara konsisten dan pemerintah diharapkan membantu masyarakat yang terdampak oleh kebijakan tersebut.

    Rekomendasi lain adalah Pemuda Katolik mengajak masyarakat untuk mengikuti program vaksinasi dan menerapkan protokol kesehatan secara disiplin dalam aktivitas sehari-hari. Pemuda Katolik juga meminta pemerintah menyediakan vaksin yang cukup dan mudah diakses oleh masyarakat, kebutuhan darah selama pandemi tetap tinggi, tetapi ketersediaan darah dari donor sukarela menurun. Karena itu, gerakan donor darah di masyarakat perlu digalakkan.

    Berkenaan dengan hal tersebut, Komcab Pemuda Katolik perlu mempelopori gerakan donor darah di kabupaten/kota masing-masing bekerjasama dengan PMI. Dan secara khusus untuk komcab Pemuda katolik Sekadau sebut Abun Tono, Komcab Pemuda Katolik Kabupaten Sekadau dalam Rapimda tersebut menyampaikan soal isu lingkungan hidup termasuk di dalamnya masalah peti dan masalah perlindungan terhadap hak-hak petani/ peladang.

    “Ini Rekomendasi eksternal yang kita sampaikan pada Rapimda Pemuda Katolik Se-Kalbar, kita menyampaikan masalah isu lingkungan hidup, termasuk di dalam nya Peti, perlindungan terhadap hak-hak petani/peladang,” ujarnya.

    Lanjut Abun Tono, disamping masalah isu lingkungan Hidup, Isu diskriminasi juga menjadi salah satu rekomendasi yang disampaikan pada Rapimda tersebut. Masih ditemukan adanya diskriminasi yang terjadi di beberapa kabupaten/kota, ini juga kita minta kepada pihak terkait untuk duduk bersama menyelesaikan masalah ini supaya tidak terjadi lagi. 

    Rekomendasi lain yang dihasilkan pada Rapimda tersebut adalah masalah stop alih fungsi lahan atau hutan menjadi lahan perkebunan kelapa sawit. “Kita minta lahan perkebunan yang sudah ada di kelola maksimal, stop ahli fungsi,” ujar Abun Tono

    Terakhir Abun Tono menyampaikan, Ketua Komda Pemuda katolik Kalbar menyampaikan terima kasih kepada seluruh pengurus Komcab Se-kalbar yang telah mengambil bagian dalam pelaksanaan Rapimda

    "Intinya beliau sampaikan terima kasih kepada seluruh pengurus Komcab Kalimantan barat yang telah berperan aktif dan berpartisipasi dlm kegiatan Rapimda, sehingga ada beberapa rekomendasi yang di sampaikan mewakili kondisi yang terjadi di wilayah masing-masing Komcab,” Tutup Abun Tono. (Red)

    Komentar

    Tampilkan