-->
  • Jelajahi

    Copyright © BATU BERTULIS NEWS
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Ketua ISKA Kabupaten Sekadau Paulus Subarno Hadiri Pembukaan Muscab IV ISKA Kabupaten Sintang

    Bertulis Network
    Saturday 21 August 2021, August 21, 2021 WIB
    Ketua ISKA Kabupaten Sekadau Paulus Subarno saat menghadiri PEMBUKAAN MUSCAB IV ISKA Kabupaten Sintang, Sabtu, (21/8/2021).
    Batubertulisnews.com, Sintang - Ketua Ikatan Sarjana Katolik Indonesia (ISKA) DPC Kabupaten Sekadau, Drs. Paulus Subarno, M.Si menghadiri pembukaan Musyawarah Cabang (Muscab) IV Dewan Pimpinan Cabang Ikatan Sarjana Katolik (ISKA) DPC Kabupaten Sintang yang dilaksanakan di Balai Kenyalang, Sabtu (21/8/2021). 

    Acara Muscab IV ISKA Kabupaten Sintang dibuka oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang Yustinus J. 

    Ikut hadir dalam kegiatan Muscab IV ISKA Kabupaten Sintang ini diantaranya Ketua DPD ISKA Kalbar Agustinus Clarus, Perwakilan Badan Kesbangpol Kabupaten Sintang, Perwakilan Gereja Katolik RD Samuel, Ketua ISKA Kabupaten Sintang Hendrika beserta jajaran pengurus dan anggota ISKA Kabupaten Sintang. 

    Dan hadir secara virtual, Hargo Mandirahardjo Ketua Umum Presidium Pusat Ikatan Sarjana Katolik Indonesia (ISKA), Sekretaris Jenderal Presidium Pusat ISKA beserta jajaran pengurus ISKA Provinsi Kalimantan Barat. 

    Asisten II Yustinus J dalam sambutannya menyampaikan Pemkab Sintang sangat mendukung kegiatan Muscab yang dilaksanakan oleh DPC ISKA Sintang ini. 

    “Kami berharap ISKA Sintang bisa berperan lebih banyak lagi dalam membantu Pemerintah Kabupaten Sintang dalam membangun masyarakat dan daerah,” pesan Yustinus. 

    Yustinus mengatakan, ISKA Sintang bisa memberikan masukan dan saran serta membantu Pemkab Sintang untuk membangun masyarakat.


    “Pemkab Sintang berharap ISKA Sintang bisa berkolaborasi dan bersinergi dengan organisasi lain dalam membangun Kabupaten Sintang. Kepada para sarjana dan cendikiawan Katolik agar selalu aktif terlibat dalam kegiatan gereja dan sosial masyarakat,” harapnya. 

    Sementara Ketua Umum Presidium Pusat Ikatan Sarjana Katolik Indonesia (ISKA) Hargo Mandirahardjo mengajak jajaran ISKA Kabupaten Sintang dan Kalimantan Barat untuk terus menebarkan semangat dan sikap optimisme serta penuh harapan untuk mewujudkan Indonesia maju.

    “Saat pandemi ini, kita dituntut bersama melawan penyebaran Covid-19. Indonesia punya modal kebhinekaan, gotong royong dan solidaritas anak bangsa yang kuat untuk menghadapi pandemi. Kita bisa bergandengan tangan, merapatkan barisan untuk keluar dari krisis karena pandemi ini, lakukan protokol kesehatan secara ketat” pesan Hargo Mandirahardjo.

    Ia menjelaskan, ISKA sudah berdiri sejak 63 tahun yang lalu. ISKA Kabupaten Sintang tentu memiliki tantangan sendiri dan berbeda dengan daerah lain. Muscab tidak hanya menjadi penguat organisasi dan pemilihan pengurus, melainkan juga untuk melakukan konsolidasi, menggerakan amanat organisasi bahkan melihat dinamika di sekitar.

    “Supaya kita memiliki perspektif untuk memajukan organisasi. Saya mengingatkan, ISKA merupakan wadah para cendikiawan Katolik, yang mau mengabdikan diri bagi gereja, bangsa dan negara. Yang terpanggil menjadi pengurus dan anggota ISKA dengan sendirinya terpanggil untuk melayani gereja dan negara dengan berbagai profesi dan potensi intelektual masing-masing anggota” pesan Hargo Mandirahardjo. 

    Di tempat yang sama Sambutan Ketua DPD ISKA Kalbar, Agustinus Clarus menyampaikan ISKA merupakan organisasi orang-orang yang secara intelektual mengorganisir dirinya. Selain kriteria dirinya intelektualitas, juga seorang yang Katolik. 

    "Maka kita disebut Ikatan Sarjana Katolik. Kita menjadi kelompok atau kaum cendikiawan yang bernaung dibawah gereja Katolik. ISKA merupakan organisasi yang menjadi stakeholder resmi pemerintah kita. Kita setara dengan ICMI dan PIKI. Catatan sejarah kita, banyak cendikiawan Katolik ikut mengonsep dasar negara kita, bahkan sekretariat ISKA dipakai untuk menjadi tempat untuk mengonsep legal draft dasar negara kita,” ucapnya.

    “Putra putri Katolik dengan berbagai profesinya, hendaknya memberikan teladan bagi sekitarnya. Kita harus memberikan kesejukan dan kedamaian bagi sekitar. Semboyan Pro Ecclesia et Patria, Pro Bono Publico yang artinya demi gereja dan tanah air, demi kepentingan orang banyak, itulah visi misi organisasi ISKA ini. ISKA harus menjadi organisasi gereja yang rapi dan jelas,” kata Agustinus Clarus. 

    Ketua Dewan Pimpinan Cabang Ikatan Sarjana Katolik (DPC ISKA) Kabupaten Sintang, Hendrika menyampaikan bahwa bergabung dengan organisasi ISKA membuat senang dan bahagia. “Selama kepemimpinan saya, ISKA Sintang mendapatkan dukungan dari pengurus ISKA Provinsi dan Pusat,” ujarnya. 

    Dalam penjelasannya, Hendrika menyebutkan melalui pelaksanaan Muscab akaan dibahas mengenai kebijakan umum dan program kerja ISKA Kabupaten Sintang Kedepan. 

    “Melalui Muscab kita akan menentukan kebijakan umum dan program kerja ISKA Sintang ke depan. Tentu kita juga akan melakukan evaluasi dan memberikan pertanggungjawaban atas kegiatan yang sudah dilaksanakan selama empat tahun kepemimpinan saya. Dan dalam Muscab ini, kita juga akan melakukan pemilihan ketua dan pengurus ISKA Kabupaten Sintang yang baru.,” tambahnya. 

    MUSCAB - IV Dewan Pimpinan Cabang Ikatan Sarjana Katolik Indonesia (ISKA) DPC Kabupaten Sintang di Balai Kenyalang, Sabtu (21/8/2021).
    Pada kesempatan yang sama saat ditemui seusai pembukaan muscab IV ISKA Sintang di Balai Kenyalau Ketua ISKA Kabupaten Sekadau Drs. Paulus Subarno, M.Si menyampaikan selamat dan apresiasi yang tinggi kepada seluruh pengurus ISKA Kabupaten Sintang yang telah meyenggarakan Muscab IV ISKA Kabupaten Sintang. 

    Pada kesemptan itu juga Paulus Subarno menyampaikan terima kasih yang tulus kepada pengurus ISKA Sintang yang telah sudi mengundang ISKA Kabupaten Sekadau dalam penyelenggaraan Muscab IV Kabupaten Sintang tahun 2021 ini. 

    “Atas nama ketua dan pengurus ISKA Kabupaten Sekadau saya mengucapkan selamat atas terselenggaranya kegiatan Muscab IV Kabupaten Sintang tahun 2021 ini. Kami juga mengucapkan terima kepada pantia yang telag mengundang pengurus ISKA Kabupaten Sekadau untuk hadir dalam kegiatan Muscab ini,” ujarnya.

    Menurut Paulus Subarno, ada banyak hal yang dapat dipelajari oleh ISKA Kabupaten Sekadau dari penyelenggaraan Muscab IV Kabupaten Sintang ini diantanya berorganisasi, bermusyawarah dan menumbuh kembangkan rasa persaudaraan. 

    Terakhir Paulus Subarno menyampaikan ucapan selamat kepada pengurus terpilih ISKA Kabupaten Sintang.  “Sekali lagi selamat atas terpilihnya kepengurusan yang baru ISKA Kabupaten Sintang, terus berkarya, sukseskan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat untuk gereja dan masyarakat,” harap Paulus Subarno yang juga anggota DPRD Kabupaten Sekadau ini. (Tim)
    Komentar

    Tampilkan