-->
  • Jelajahi

    Copyright © BATU BERTULIS NEWS
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Pandemi Covid-19 Pengaruhi Tugas Pewartaan Dalam Hidup Menggereja

    Bertulis Network
    Thursday 19 August 2021, August 19, 2021 WIB

    Pastor Antonius Kema, Pastor Kepala Paroki Rawak.

    Batubertulisnews.com, Sekadau - Munculnya pandemi covid-19 sangat berpengaruh pada semua sektor kehidupan. Tidak terkecuali dalam pelayanan menggereja bagi seorang imam. 

    Hal ini diakui Pastor Antonius Kema, CP, Pastor Kepala Paroki Rawak Kecamatan Sekadau Hulu Kabupaten Sekadau.

    Menurut Pastor Toni dengan adanya wabah pandemi covid 19 sangat mempengaruhi tugas pewartaan bagi seorang Imam dalam hidup menggereja.

    Menurut Pastor Toni  sebelum masa pandemi dirinya bisa melaksanakan kegiatan turne kekampung-kampung dengan giat dan dan penuh semangat dengan tujuan dapat melayani umat dengan jumlah besar baik dalam ibadat maupun Ekaristi.

    Meski demikian lanjut Pastor Toni misa kudus masih saja tetap dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan, memakai masker, menjaga jarak dan mengurangi jumlah kehadiran umat 50% yang boleh hadir sehingga jumlah umat sedikit. 

    “Padahal sebelum masa pandemi kita bisa melaksanakan kegiatan turne dengan giat dengan tujuan melayani dengan jumlah besar dalam ibadat maupun Ekaristi,” ujar Pastor. 

    Untuk menyiasati hal itu, Lanjut Pastor  Toni  diambil solusi lain dengan media pewartaan yaitu mengadakan misa Live streaming melalui media YouTube sehingga umat di rumah bisa mengikuti misa. 

    Lanjut Pastor Toni, media sosial seperti you tube, Faceebok sangat membantu dalam pewartaanya kepada umat. 

    “Melalui internet itu kita dapat melaksanakan tugas pewartaan sehingga dapat mencakup banyak umat yang tidak hanya terbatas pada wilayah paroki tetapi siapapun bisa mengikuti misa maupun pewartaan yang diunggah melalui youtube dan menjadi dasarnya itu gereja harus menyesuaikan diri dan berubah, serta memberikan dampak positif pada perkembangan komunikasi, sehingga kita dapat menggunakan media komunikasi itu sebagai tugas pewartaan, dan jika tidak kita akan terlambat menggunakan media itu,” ujarnya. 

    Menurut Pastor Toni sekarang anak-anak di kampung dan di kota semuanya sudah menggunakan handphone masing-masing, oleh karenanya umat bisa mengikuti misa kudus melalui YouTube “Sekarang media YouTube ini sebagai media pewartaan."jelas Pastor toni

    "Pada hari kemerdekaan ini Pastor Toni mengucapkan selamat hari kemerdekaan HUT RI ke 76 Indonesia tangguh Indonesia tumbuh, dan sebagai orang-orang Katolik kita harus ingat semboyan 100% katolik 100% Indonesia, sebagai pengikut Kristus kita harus menjadi orang-orang yang baik dan Kristus dimuliakan sehingga kehidupan kita baik adanya." (Rt)

    Komentar

    Tampilkan