-->
  • Jelajahi

    Copyright © BATU BERTULIS NEWS
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Ramalan Cuaca. 8 Wilayah Di Kalbar Masih Berpotensi Hujan Sampai Jam 02.00 WIB

    Bertulis Network
    Sunday 22 August 2021, August 22, 2021 WIB

    Ilustrasi Hujan
    Sekadau, Batubertulisnews.com - Berikut daftar wilayah di Kalimantan Barat yang diprediksi akan turun hujan pada Sabtu (21/8/2021) dini hari sesuai dengan ramalan cuaca BMKG.

    Berdasarkan dari hasil pemantauan cuaca yang dilaksanakan oleh BMKG, pada dini hari ini diperkirakan hujan masih akan mengguyur sejumlah wilayah di Kalimantan Barat.

    Setidaknya ada 8 wilayah yang diprediksi akan diguyur hujan lebat disertai angin kencang pada hari ini.

    Wilayah yang berpotensi turun hujan lebat tersebar di Kabupaten Kubu Raya, Kabupaten Sekadau, Kabupaten Sintang, Kabupaten Melawi, Kabupaten Kapuas Hulu, Kabupaten Ketapang, Kabupaten Sanggau dan Kabupaten Landak.

    Dikutip dari laman web.meteo.bmkg.go.id, potensi hujan lebat di sejumlah wilayah di Indonesia ini merupakan imbas dari munculnya sirkulasi siklonik di Kalimantan Barat.

    Sirkulasi siklonik tersebut membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) memanjang dari Laut Jawa hingga Belitung.

    Daerah konvergensi lainnya juga terpantau memanjang dari Aceh hingga Selat Malaka, dari Jambi hingga Riau bagian Timur, di Sumatera Selatan bagian Timur.

    Kemudian dari Jawa Timur hingga Jawa Barat bagian Timur, dari NTT hingga NTB, di Kalimantan Utara, di Kalimantan Selatan

    Di Selat Makassar, di Sulawesi Utara, dari Sulawesi Tenggara hingga Sulawesi Tengah, di Maluku dan dari Papua hingga Papua Barat.

    Kondisi ini mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut sehingga memicu potensi cuaca ekstrem.

    Sedangkan untuk di wilayah Kalimantan Barat ada beberapa daerah yang akan berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang Berikut daftar wilayahnya:

    • Kabupaten Kubu Raya diantaranya Sungai Kakap, Teluk Pakedai, Sungai Raya, Rasau Jaya, Kubu, Terentang dan Batu Ampar

    • Kabupaten Sekadau diantaranya Sekadau Hulu, Nanga Mahap, Belitang Hulu, Belitang Hilir, belitang, Sekadau Hilir dan Nanga Taman.

    • Kabupaten Sintang diantaranya Ketungau Tengah, Ketungau Hilir, Tempunak, Kayan Hilir, Dedai, Kelam Permai, Serawai, Sintang, Binjai Hulu, Sungai Tebelian, Tempunak, Sepauk dan Sungai Tebelian

    • Kabupaten Melawi diantaranya Menukung, Belimbing Hulu, Tanah Pinoh Barat, Tanah Pinoh, Sayan, Sokan, Pinoh Selatan, Ella Hilir, Belimbing, Nanga Pinoh dan Pinoh Utara.

    • Kabupaten Kapuas Hulu diantaranya Silat Hulu, Silat Hilir, Bunut Hulu, Putussibau Utara, Embaloh Hilir, Seberuang, Pengkadan, Hulu Gurung, Semitau, Suhaid, Selimbau, Jongkong, dan Embaloh Hulu.

    • Kabupaten Ketapang diantaranya Hulu Sungai, Simpang Hulu, Simpang Dua, Sungai Laur, Sandai, Nanga Tayap, Pemahan, Sungai Melayu Rayak, Benua Kayong, Muara Pawan, Tumbang Titi, Matan Hilir Utara, Delta Pawan, Marau, Air Upas, Manis Mata, dan Kendawangan.

    • Kabupaten Sanggau diantaranya Toba, Tayan Hilir, Kapuas, Kembayan, Jongkong, Balai, Meliau, Parindu, Tayan Hulu, Bonti dan Jangkang.

    • Kabupaten. Landak diantaranya Ngabang dan Jelimpo.

    Dan dapat meluas ke wilayah Kabupaten/Kota diantaranya.
    • Kab. Sanggau, Kembayan, Beduwai dan Noyan.
    • Kabupaten Landak, Sebangki.
    • Kabupaten Kapuas Hulu, Bunut Hilir dan Bika.

    Kondisi ini diperkirakan masih akan berlangsung hingga 22 Agustus 2021 pukul 02.00 WIB. (Red)

    Komentar

    Tampilkan