-->
  • Jelajahi

    Copyright © BATU BERTULIS NEWS
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Desa Tinting Boyok Laksanakan MusrenbangDes

    Bertulis Network
    Tuesday 28 September 2021, September 28, 2021 WIB

    MUSREMBAMGDes Desa Tinting Boyok (28/09/2021)

    Batubertulisnews.com, SEKADAU- Kegiatan ini dihadiri oleh anggota DPRD Kabupaten Sekadau Dapil II Drs. Paulus Subarno, M.Si dan Yosef Sumadi, SH, 

    Sekertaris Kecamatan Sekadau Hulu, Kepala Desa dan Perangkat Desa, BPD, Perwakilan Perusahaan PT. TBSM dan Gunas Grup, Bhabimkamtibmas, Tokoh Adat, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat Serta Tamu undangan.

    MusrenbangDes yang dibuka oleh Perwakilan Camat Sekadau Hulu ini diawali dengan kata sambutan dari Kepala desa Tinting Boyok AM Rodi. Dalam sambutan nya ia Menyampaikan bahwa dalam MusrenbangDes kali ini semua usulan RKPD tahun 2022 harus mengacu Kepada Permendes dalam hal ini Peraturan Mentri Desa nomor 7 Tahun 2021 tentang prioritas penggunaan dana Desa.

    Walaupun sebetulnya Desa sudah memiliki prioritas pembangunan secara bertahap baik menurut  RPJM maupun RKPD setiap tahun nya, Mesikipun demikian dalam Usulan yang akan dituangkan dalam  RKPD nanti tentunya harus mengacu kepada Permendes Nomor 7 tahun 2021 tentang prioritas penggunaan Dana Desa dan juga dalam daftar Susunan Usulan nya nanti harus kita sesuaikan dengan RPJM yang sudah kita susun, Karena Selain Merencanakan Pembangunan Fisik kita juga merencanakan Pembanguan Mental Masyarakat, ucapnya.

    Kepala Desa Tinting Boyok ini juga berharap kepada Anggota dewan yang hadir Maupun Perwakilan perusahaan yang Hadir Agar Sama-sama Membantu memfasilitasi Anggaran Pembangunan Di desa Tinting Boyok Baik melalui Dana Aspirasi Maupun CSR dari Perusahaan.

    Setiap pembangunan itu tentu identik dengan Anggaran, sementara jika kita mengaharapkan dari ADD dan DD tentu tidak cukup, makanya sengaja kami undang Anggota dewan yang hadir dan juga Perwakilan Perusahaan yang ada disekitar Desa Tinting Boyok ini khusunya agar sama-sama membantu Pembangunan di Desa yang kita Cintai ini Baik melalui Dana Aspirasi atau pokir dewan Maupun CSR dari Perusahaan , dan kami dari Pemerintah Desa juga memohon maaf kepada Setiap Dusun jika Pada usulan tahun lalu masih ada yang belum terealisiasi karena keterbatasan anggaran dan pandemi covid-19, ungkapnya.

    Selanjutnya disampaikan oleh Ketua BPD Desa Tinting Boyok  Lorensius Leo, Dalam sambutan nya ia Berharap agar Semua Usulan dalam MusrenbangDes kali ini dapat Membangun Dusun khususnya Dusun yang tergabung dalam Ke desaan Tinting Boyok Agar Lebih maju lagi kedepannya.

    Kita dulu sudah melaksanakan Musyawarah Dusun dan juga Musyawarah Desa Untuk menggali potensi dan juga memilah mana saja usulan prioritas Pembangunan di setiap Dusun masing-masing, harapan kami apa yang kita usulkan nanti bisa Membangun Dusun juga untuk membangun Desa agar Desa kita Kedepannya Lebih maju lagi, imbuhnya.

    Berikutnya disampaikan Oleh Perwakilan Camat Sekadau Hulu dalam hal ini diwakili oleh Sekertaris Kecamatan Sekadau Hulu Sadikin, S,Ap  dan Sekaligus membuka MusrenbangDes Tinting Boyok Dalam Rangka Penyusunan RKPD Tahun Anggaran 2022. Dalam sambutan nya ia berharap agar usulan yang disampaikan Dalam RKPD pada hari ini Merupakan usulan yang benar-benar dibutuhkan untuk Pembangunan di Desa Tinting Boyok dan Sejalan dengan Visi Misi Pemerintah Kabupaten.

    khusus Untuk Usulan yang Menggunakan Dana Desa Saya harapkan usulan nya adalah usulan yg memang Benar-benar dibutuhkan serta usulan yang Tepat untuk Pembangunan Masyarakat desa dan Juga usulan itu Sejalan dengan Visi misi Bupati Terpilih, itu harapan kita bersama, harapnya.

    Selanjutnya Anggota DPRD Sekadau Dapil II Drs.Paulus Subarno, M.Si

    Dalam Sambutannya Ia meminta Agar Segala Usulan Prioritas Harus Di masukan ke dalam Musrenbang supaya tidak Terjadi Penyalahgunaan Wewenang yang dapat menyebabkan Korupsi.

    Sistem kita Sekarang ini Berbeda dengan yang dulu kalau Sekarang Sudah menggunakan SIPD (Sistem Informasi Pembangunan Daerah) ini sudah Terkoneksi satu  dengan yang lain nya, oleh Sebab itu Apa yang mau kita Usulkan hari ini di masukan dulu dalam musrenbangDes, Nanti Pokir-pokir kita juga kita Ambil dari situ, Supaya tidak terjadi Korupsi dan Penyalahgunaan Wewenang, Ucapnya.

    Terakhir disampaikan oleh Yosef Sumadi,S.H, Anggota DPRD Sekadau Fraksi PKPI, berharap Agar Perusahaan yang ada di Sekitar Desa Tinting Boyok ini harus benar-benar malaksanakan perintah Undang-undang Dalam hal kewajibannya Meberikan CSR Kepada Masyarakat.

    Program CSR ini diatur dalam undang-undang terutama dalam UUD Perkebunan, tetapi selama ini dalam pelaksanaan nya di lapangan tidak seperti itu, Pelaksanaan CSR ini kan sifatnya memaksa dan mengikat jadi mulai saat ini saya harapkan Perusahaan harus berbuat semaksimal mungkin untuk Masyarakat, ucapnya.

    (Ren)

    Komentar

    Tampilkan