-->
  • Jelajahi

    Copyright © BATU BERTULIS NEWS
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Dihadiri Anggota DPRD, MusrenbangDes Nanga Pembubuh Prioritaskan Peningkatan IDM

    Bertulis Network
    Saturday 2 October 2021, October 02, 2021 WIB
    Anggota DPRD Sekadau Fraksi HANURA Drs.Paulus Subarno, M.Si, saat memberikan kata sambutannya. Kamis (30/09/2021). Sumber foto : Batu Bertulis News

    Batubertulisnews.com, Sekadau - Agenda rutin Desa setiap Tahun nya ini dilaksanankan di Ruang Pelatihan Kantor Desa Nanga Pembubuh, Kecamatan Sekadau Hulu, Kabupaten Sekadau Dalam Rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa Tahun Anggaran 2022, Kamis (30/10/2021)

    Kegiatan ini Dihadiri Oleh Anggota DPRD Sekadau Fraksi HANURA Drs.Paulus Subarno, M.Si, Perwakilan Camat Sekadau Hulu, TP P3MD Desa Nanga Pembubuh, BPD, Kepala Desa dan Perangkat Desa, Bhabinkamtipmas, Perwakilan Perusahaan PT. MPE, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat dan Tamu Undangan.

    Kegiatan yang Berlangsung hikmat ini diawali dengan Laporan penyelenggara Kegiatan yang disampaikan Oleh Sekertaris Desa Nanga Pembubuh Yusvinus Genus, Dalam laporan nya menyampai kan bahwa Dalam Penyusunan RKPDes 2022 ini,  Pemerintah Desa Nanga Pembubuh mengacu kepada Peraturan Perundang-undangan Desa yang Berlaku.

    Dalam Musrenbang Penyusunan RKPD Desa Nanga Pembubuh ini kami Pemerintah Desa Selalu mengacu Kepada Peraturan Mendagri Nomor 114 Tahun 2014 Tentang Pendoman Pembangunan Desa, Peraturan Bupati Sekadau nomor 28 tahun 2017 tentang Petunjuk Teknis Penyusunan RPJMdes dan RKPDes dan yang tidak kalah penting Peraturan Metri Desa Dan Daerah Tertinggal Nomor 7 Tahun 2021 Tentang Prioritas Penggunaan dana Desa Tahun 2022" Kata Sekertaris Desa Nanga Pembubuh Yusvinus Genus, Sabtu (02/10/2021).

    Sekertaris Desa Nanga Pembubuh ini juga menyampai kan Bahwa Kegiatan MusrembangDes ini Diselenggarakan dengan menggunakan Anggaran APBDes Tahun 2021.

    Kegiatan musrembang ini dianggarkan di APBDes Tahun 2021 Pada bidang Pemberdayaan masyarakat dan sub bidang Peningkatan kapasitas Aparatur Pemerintah Desa dengan kegiatan peningkatan peran serta masyarakat Melalui Musyawarah Desa pelaksanaan nya Januari Sampai dengan Desember Tahun 2021" Imbuhnya.

    Selanjutnya Sambutan dari Ketua BPD Desa Nanga Pembubuh Lorensius Ledi, Dalam sambutan nya Ia menyampaikan Bahwa Kegiatan Musrebang Desa ini merupakan salah satu bentuk Transparansi Dari Pemerintah Desa.

    Kita dari Desa tidak mau melakukan Perencanaan tanpa dihadiri Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan lain Sebagainya, jika kita melakukan hal itu tanpa mengundang bapak dan ibu sekalian, kemungkinan besar Kita sudah menyalahi Aturan dan terjadinya sesuatu yang kita tuangkan dalam APBDes nanti itu Merupakan Kesepakatan Kita Bersama, bukan Kemauan Ketua BPD, Kepala Desa Dan lain sebagainya" Ungkapnya.

    Selanjutnya Disampaikan Oleh TP P3MD Kecamatan Sekadau Hulu Andreas Daniel Dalam sambutan nya ia berharap bahwa  MusrembangDes kali ini dapat menjadi Referensi Untuk Pembangunan Desa Nanga Pembubuh Kedepannya yang berkaitan Dengan Penilaian IDM yang menggunakan dana Desa.

    Kita tau sampai hari ini Status Desa Nanga Pembubuh itu Statusnya Masih Berkembang harapan kita apa yang kita Rumuskan Hari ini dapat menjadi acuan Desa Nanga Pembubuh untuk menentukan Prioritas Anggaran agar dapat  menaikan Status Desa Nanga Pembubuh Dari Berkembang menjadi Desa Maju" Ucapnya.

    Selanjutnya Sambutan dari Perwakilan Camat Sekadau Hulu dalam hal ini diwakili Oleh Plt Kasi APD Kecamatan Sekadau Hulu Jhon Rizkia Akhmadi. dalam sambutannya menyampaikan bahwa Segala Fasilitas yang sudah dinikmati dan dirasakan oleh Masyarakat Desa nanga Pembubuh merupakan Hasil dari usulan Masyarakat Sebelumnya.

    Semua yang di bangun sampai Hari ini Itu  merupakan Hasil dari usulan bapak Ibu Sebelumnya, Walaupun tidak Semua yang di Usulkan Itu Dibangun Dengan menggunakan Dana Desa Contohnya Listrik yang Sudah masuk Ke Desa Nanga Pembubuh ini Menggunakan Dana Dari Pusat, "Jelasnya.

    Selanjutnya Anggota DPRD Sekadau Dapil II Drs Paulus Subarno, M.Si Dalam Sambutan nya Menyampaikan Bahwa Desa Harus bisa Memanfaatkan Sumber-Sumber Dana yang ada untuk digunakan Dalam Pembangunan Desa.

    Ada 5 Sumber dana yang bisa dimanfaatkan oleh Pemerintah Desa untuk membangun desa yang Pertama itu Dana Desa, yang Ke dua dana APBD Kabupaten, APBD Propinsi, APBN dan Dana Pihak ke Tiga yaitu CSR Dari Perusahaan, Silahkan Bapak Ibu Musyawarahkan Apa saja prioritas Pembangunan yang menggunakan Lima Sumber Dana Tersebut, "Ucapnya

    Anggota DPRD Sekadau ini juga Berharap Kepada Perusahaan yang ada di Sekitar Desa Nanga Pembubuh Agar Memenuhi kewajibannya Membantu Pembangunan di Desa Melalui Dana CSR

    Pemerintah di desa juga Harus Memanfaatkan Dana yang Diberikan Perusahaan dan Perusahaan juga Wajib memenuhi kewajibanya untuk memberikan CSR kepada Masyarakat Kerena itu Sudah diatur dalam undang-undang dan juga Peraturan Daerah" Tegas Anggota DPRD Sekadau ini

    Selanjutnya disampaikan oleh Bhabinkamptimas Desa Nanga Pembubuh Agus Pemadi Jaya Dalam sambutan nya ia berharap bahwa dalam berladang masyarakat harus Mengikuti aturan Agar Tidak melanggar Hukum

    Kami berharap Bukan hanya tahun ini kita bisa berladang sesuai dengan Prosedur tidak melanggar Hukum" ucapnya

    Terakhir Disampaikan Oleh Kepala Desa Nanga Pembubuh Serinus S.sos dan Sekaligus Membuka MusrenbangDes Dalam Rangka Penyusunan Anggaran Pembangunan Desa Nanga Pembubuh Tahun 2022. Dalam penyampaian nya ia menyampaikan bahwa dirinya sebagai Pemimipin Desa Sudah memberikan Apresiasi Dalam bentuk Penghargaan Kepada Masyarakat Di Dusun yang Mau mengikuti Program Pemerintah Dalam Menertibkan Ternak yang Masih Berkeliaran Guna untuk meningkatkan IDM di Desa Nanga Pembubuh

    Untuk mencapai  IDM Desa kita  menjadi maju , Saya secara Pribadi Setiap Tahun nya memberikan Penghargaan Kepada Dusun yang mau bekerja Sama Untuk mengikuti Program Pemerintah Dalam Menertibkan Ternaknya supaya tidak Berkeliaran, Contoh nya di Dusun Natai Ilong Mereka Sudah mengurung ternak nya seperti Babi, Kambing dan lain sebagainya, Harapan saya Setiap tahun nya Semoga Ada Dusun lain yang Mengikuti Jejak Dusun Natai Ilong tersebut Agar Diberikan Penghargaan" Terangnya. (*)


    Penulis : Reno Batu Bertulis News

    Komentar

    Tampilkan