-->
  • Jelajahi

    Copyright © BATU BERTULIS NEWS
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Naik Motor Air, ISKA, PK dan ICDN Bagikan Paket Sembako di Engkedang

    Bertulis Network
    Friday 12 November 2021, November 12, 2021 WIB

    Menaiki Motor Air Ketua ISKA dan Ketua PK Menyisiri Sungai Kapuas Bagikan Paket Sembako Kepada Warga

    Batubertulisnews.com, Sekadau-Naik motor air kelilingi sungai kapuas, rombongan Ikatan Sarjana Katolik Indonesia (ISKA) Kabupaten Sekadau, Pemuda Katolik Komisariat Cabang Kabupaten Sekadau (PK) dan Ikatan Cendekiawan Dayak Nasional (ICDN) Kabupaten Sekadau kembali membagikan paket sembako  berupa beras dan indomie bagi warga terdampak banjir di RT 006/002 Engkedang Desai Sungai Ayak Satu Kecamatan Belitag Hilir Kabupaten Sekadau, Kamis 12 November 2021.
    Penyerahan bantuan paket sembalo pertama kali diserahkan secara simbolis oleh Ketua ISKA Paulus Subarno dan Ketua PK Abun Tono kepada Ketua RT 006/002 Rupinus Ayong di tempat pengungsian warga Engkedang yang berjumlah 8 kepala Keluarga.
    Setelah menyerahkan paket sembako di tempat pengungsian warga, Rombongan ISKA, PK dan ICDN bersama Ketua RT Engkedang lanjut menyerahkan paket sembako bagi warga Engkedang yang masih bertahan di rumah tak jauh dari tepiah sungai kapuas.
    Ada dua motor air yang digunakan rombongan ISKA, PK dan ICDN saaat menyerahkan bantuan kepada warga di Engkedang. Motor pertama yang nahkodai Ketua RT khusus membawa rombongan sedangkan motor kedua yang dinahkodai warga Engkedang khusus membawa paket sambako.
    Berlayar mengitari sungai kapuas di tengah banjir besar dengan motor air kecil cukup membuat spot jantung. Arusnya airnya deras, belum lagi bergelombong dan luasnya terbentang luas seperti luat.  Pokoknya ngeri dan cukup membuat spot jantung.
    Berkat doa dan penyertaan dari-Nya, rombongan pun tiba di perkampungan Engkedang. Pemandangan yang cukup memilukan dan memprihatinkan. Hampir seluruh rumah milik warga di Engkedang terendam banjir. Termasuk Gereja yang digunakan umat untuk beribadah juga ikut terendam. Diantara pemandangan itu ada terlihat seekor ayam jago matanya terlihat sayu, ada ratapan kesedihan dimatanya melihat kondisi banjir yang terjadi. Tak jauh dari ayam jago itu, ada sebuah motor yang terpakir di atas pohon. Tinggi air hampir setinggi payung parabola.
    Bantuan diterima. Rumah pertama disambangi Ketu ISKA dan Ketua PK serta Ketua RT. Turun dari sampan dan naik ke rumah harus memiliki keahlian khusus. Perahunya kecil, goyangannya harus mampu diimbangi spuaya tidak oleng. Tiba di rumah warga. Miris melihat kondisi air yang menggenangi seisi rumah itu. Dengan kayu seadanya mereka berinisiatif membuat panggung supaya bisa bertahan tinggal di rumanya itu.
    "Halo bapak dan ibu, selamat pagi,” sapa ketua ISKA dan Ketua PK kepada bapada itu. Kedua Ketua ini berujar. Bapak dan Ibu ini ada bantuan sedikit ala kadarnya dari ISKA, PK dan ICDN. Bantuan ini tidak seberapa, jumlahnya tidak seberapa. Tapi inilah bentuk perhatian yang bisa kami bagikan kepada warga kita yang terdampak banjir. Bantuan ini kami kumpulkan dari seruluh anggota dan donatur lalu kami salurkan. Semoga bantuan ini bermanfaat,” Ujar ketua ISKA maupun PK.
    Tidak disangka, saat ngomong-ngomong kayu titian di dalam rumah yang dibuat itu patah. Alhasil Ketua PK dan Ketua RT tercebur kecil, celana jean milik ketua PK terlihat basah, beruntung HP miliknya tidak ikut tercebur. Atas insiden itu Ketua PK tersenyum kecil sambil memandang ketua ISKA. Selesai insiden itu, bantuan pun diserahkan oleh ketua ISKA dan Ketua PK kepada warga Engkedang terdampak banjir.

    Serahkan Paket Sembako Pada Warga Engkedang
    Seusai menerima bantuan, Ketua RT 006/002 Rupinus Ayong menyampaikan ucapan terima kasih kepada ISKA, Pemuda Katolik dan ICDN atas bantuan yang diberikan kepada warga terdampak banjir di Engkedang. Ini merupakan bantuan ketiga kalinya yang disalurkan oleh ISKA, PK dan ICDN bagi warga terdampak banjir di Kabupaten Sekadau.
    "Terima Kasih Kepada Ketua ISKA, Ketua Pemuda Katolik dan Rombongan sudah membantu warga kami di Engkedang RT/006/RW002 Sungai Ayak Satu. Atas bantuannya kami ucapkan terima kasih sebesar-besarnya,” ujar Ketua RT Rupinus Ayong.
    Dalam kesempatan itu Rupinus Ayong masih berharap ada bantuan lain selain paket sembako yang diberikan kepada warga terdampak banjir di Engkedang, seperti tenda, obat-obatan, susu anak-anak dan lain sebagainya. “Kami disini selain membutuhkan paket sembako, kebutuhan lain seperti tenda, obat-obatan dan susu untuk anak-anak. Ini kebutuhan yang saati ini diperlukan warga terdampak banjir,” tutur Rupinus Ayong.
    Rupinus Ayong juga menyampaikan terkait bantuan yang sudah diterima warganya selama banjir. Menurut Ayong warganya sudah menerima bantuan baru pertama kali dari desa dengan paket 2,5 kg beras dan 2 bungkus indomie/KK.
    Menurut Rupinus Ayong ada 47 kepala keluarga yang ada di RT Engkedang. Dari Jumlah itu sebut Rupinus Ayong lebih dari separoh yang terendam banjir. “Dalam situasi sulit seperti kami masih memerlukan bantuan dari para donatur dan pemerintah,” tuturnya.
    Paulus Subarno yang juga anggota DPRD Kabupaten Sekadau mengatakan kegiatan bakti sosial tersebut sudah sering diselenggarakan oleh ISKA dan ICDN bekerjasama dengan Pemuda Katolik. Tujuannya untuk membantu masyarakat Sekadau yang membutuhkan dan mengurangi beban yang dihadapi meskipun hanya sedikit.
    "Kegiatan sosial kita sering lakukan, misalnya vaksinasi Covid-19 kemarin kita juga turut hadir membantu pemerintah daerah. Sekarang disaat saudara kita terkena bencana pastinya kita harus saling membantu," kata Paulus Subarno.
    Sementara itu, Ketua Pemuda Katolik, Abun Tono mengatakan aksi sosial itu telah dilaksanakan sejak beberapa hari terakhir, dengan pembagian makanan siap saji 300 kotak hingga paket sembako.
    Ia juga bersyukur karena hingga saat ini para donatur terus berdatangan untuk turut memberikan bantuan sembako, seperti beras, dan mie instan melalui tiga organisasi tersebut.
    Lanjut Abun Tono yang juga Anggota DPRD Kabupaten Sekadau Pihaknya pun memastikan akan terus menyalurkan bantuan bagi warga yang membutuhkan. Adapun desa-desa yang sudah menerima bantuan diantaranya desa Sungai Ringin di Senuruk, desa Mungguk di gang tembesuk, dan Jalan Ahmad Yani Sekadau, Dusun Amak, dan Dusun Engkedang Desa Sungai Ayak Satu. (Red)
    Komentar

    Tampilkan