-->
  • Jelajahi

    Copyright © BATU BERTULIS NEWS
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Ribuan Umat Beriman Katolik Sekadau Ikuti Misa Peringatan Arwah Di Pemakaman Santo Yosep

    Bertulis Network
    Tuesday 2 November 2021, November 02, 2021 WIB
    Pastor kepala Paroki Santo Petrus dan Paulus Sekadau Pastor Kristianus, CP.
    Batubertulisnews.com, Sekadau - Ribuan Umat Beriman Katolik dari berbagai kring dan stasi di wilayah Paroki Santo Petrus dan Paulus Sekadau mengikuti Misa Peringatan Arwah orang beriman di Pemakaman Katolik Santo Yosep Sekadau, Selasa 2 November 2021.

    Misa peringatan arwah orang beriman yang dimulai pukul 08.00 dan berakhir sekitar pukul 9.30 dipimpin langsung oleh Pastor kepala Paroki Santo Petrus dan Paulus Sekadau Pastor Kristianus, CP.

    Setiap tanggal 2 November gereja-gereja atau tempat-tempat lain diadakan ibadat atau Misa peringatan arwah, dilanjutkan dengan pemberkatan makam.

    Hal ini menjadi agenda tahunan Gereja Katolik. Pada kesempatan ini umat beriman Katolik berdoa untuk arwah keluarga dan kerabat mereka yang telah meninggal dunia.
    Pastor Paroki Santo Petrus dan Paulus Sekadau Pastor Kristianus, CP dalam homilinya mengatakan setiap tanggal 2 November, umat Katolik dimana pun berada memperingati Hari Arwah orang beriman.

    Dikatakan Pastor kelahiran Tapang Pulai Belitang Hilir ini dalam peringatan arwah itu umat Katolik mendoakan anggota keluarga dan sanak saudara yang telah meninggal dunia.

    “Hari ini secara khusus mengenang dan berdoa bagi arwah semua orang beriman yang telah meninggal dunia namun masih berada di api pensucian. Bulan November ini kita khususkan untuk berdoa dan berkorban untuk memohon kerahiman Allah atas merek,” ujar Pastor Kristianus.

    Menurut Pastor Kris umat beriman Katolik perlu melakukan doa bagi mereka yang sudah meninggal dunia agar mereka disucikan dari segala dosanya, dibebaskan segala hambatan dan noda dan menikmati kebahagiaan kekal di sisi kanan Allah serta boleh bersama-sama para kudus di surga memandang wajah Allah yang dirindukannya.

    “Dalam iman akan Kristus itu, kita percaya bahwa apa yang kita namakan persekutuan para Kudus meliputi baik kita yang masih hidup du dunia ini, maupun semua orang kudus di surga dan semua orang yang telah meninggal dunia. Dan kita percaya bahwa hidup atau mati kita tetap milik Kristus,” ujar Pastor Kristianus.

    Pantauan di lapangan, semua umat beriman Katolik Paroki Santo Petrus dan Paulus Sekadau yang hadir mengikuti Misa masing-masing berkumpul di sekitar makam keluarga dan sanak saudaranya.

    Masing-masing keluarga yang datang membawa sekumtum bunga dan lilin. Masing-masing makam ditabur dengan bunga dan lilin yang dibawanya dinyalakan. Mereka berdoa khusuk mendoakan keluarga dan sanak saudaranya yang telah meninggal dunia.

    Pantauan arus lalu lintas di jalan raya sempat macet saat umat datang dan pulang, beruntung ada petugas dari Satlantas Polres Sekadau yang ikut mengatur arus lalu lintas. (TS)

    Komentar

    Tampilkan