-->
  • Jelajahi

    Copyright © BATU BERTULIS NEWS
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Bentuk Perhatian Kepada Pelaku Seni, Paulus Subarno Harap Kegiatan BISA FEST Dapat Diselenggarakan Setiap Tahun

    Bertulis Network
    Friday 25 March 2022, March 25, 2022 WIB
    Paulus Subarno Saat menghadiri Acara BISA FEST 


    Batubertulisnews.Com, Sekadau - Anggota DPR-RI Komisi X Adrianus Asia Sidot siap membawa kebudayaan daerah ke pentas nasional maupun internasional. Jumat 25 Maret 2022. 


    Hal tersebut dikatakan Adrianus saat menghadiri kegiatan BISA FEST Pesona Tari dan Musik Tradisional Sekadau. Selaku anggota DPR RI komisi X yang juga membidangi kebudayaan, pariwisata dan ekonomi kreatif. Melalui Ajang tersebut dirinya optimistis bisa memperkenalkan budaya yang ada di daerah seperti seni tari, musik, seni rupa, ukir-ukiran termasuk kerajinan tangan. 


    "Saya punya keinginan daerah kita khususnya Sekadau bisa dikenal secara luas karena kita juga memiliki potensi yang tidak kalah dari wilayah lain. Dilihat dari sisi kepariwisataan kita punya nilai. Kementerian Pariwisata diharapkan bisa membangun pariwisata di daerah ini dengan memanfaatkan potensi seni budaya dan lainnya," kata Adrianus. 



    Politisi dari Fraksi Partai Golongan Karya itu yakin dan percaya masih banyak potensi seni budaya yang masuk dalam kategori ekonomi kreatif yang bisa digali dikembangkan di Kabupaten Sekadau. Tentunya harus didukung oleh sinergitas antara DPR RI, Kementerian, penggiat budaya, Pemerintah Daerah dan masyarakat.


    "Jadi tidak bisa hanya mengharapkan saya sebagai anggota DPR RI, kewenangan saya tentunya terbatas. Jadi kita juga mendorong supaya potensi ini bisa dilirik oleh kementerian dan kementerian punya program untuk pengembangannya di sini," tambahnya.


    Di sisi lain, Adrianus juga mengimbau agar kesenian atau alat-alat musik tradisional yang ada di Kabupaten Sekadau dapat didaftarkan untuk mendapatkan hak kekayaan intelektual ke Kementerian Hukum dan HAM. Ia pun memastikan akan membantu melalui Kementerian Pariwisata supaya hak-hak kekayaan intelektual masyarakat Kabupaten Sekadau mendapatkan perlindungan hukum.


    Senada penggiat budaya Paulus Subarno  berharap agar  kegiatan seperti serupa dapat diselenggarakan setiap tahunnya sebagai wadah berekspresi bagi pelaku seni di Kabupaten Sekadau. 


    "Saya sebagai penggiat seni dan budaya di Sekadau berharap agar seni dan budaya Kabupaten Sekadau bisa dikenal luas oleh masyarakat dan teman-teman yang memiliki potensi di bidang seni dan budaya bisa mengekspresikan diri dengan baik," harapnya. (*) 

    Komentar

    Tampilkan