-->
  • Jelajahi

    Copyright © BATU BERTULIS NEWS
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kaderisasi Organisasi, Pemuda Katolik Kabupaten Sekadau Adakan MAPENTA

    Bertulis Network
    Saturday 2 April 2022, April 02, 2022 WIB
    Foto bersama Ketua Pemuda Katolik Kabupaten Sekadau, Abun Tono dan para pemateri serta Ketua NU ( Tohidin), Banser, PC NU Dan IPPNU,


    Batubertulisnews.com, Sekadau - Pemuda Katolik Komisariat Cabang Sekadau melaksanakan Masa Penerimaan Anggota (MAPENTA) di Kecamatan Belitang pada tanggal 2 April 2022 dengan Tema "Membangun Kader Pemuda Katolik yang Beriman Menuju Organisasi yang Mandiri" bertempat di Gereja Katolik Santo Paulus dari Salib Sp. 2 Desa Maboh Permai.


    Dalam sambutannya Pastor Moderator Pemuda Katolik Komac Belitang menyambut baik diadakannya kegiatan Mapenta Pemuda katolik yang dapat menjadi wadah bagi kehidupan menggereja dalam aktualisasi iman didalam masyarakat. 


    Anggota DPRD Kabupaten Sekadau sekaligus Wakil Ketua Pemuda Katolik Komcab Sekadau , Bambang Setiawan menyampaikan apresiasi atas dilaksanakannya kegiatan Mapenta ini. 


    "Kita di Legislatif sangat menyambut baik dengan adanya Organisasi Kepemudaan yang ada di Kabupaten Sekadau, selain itu kita juga mengharapkan Pemerintah Daerah wajib hadir dalam rangka melakukan pembinaan terhadap OKP yang ada di Kabupaten Sekadau, baik pembinaan secara langsung maupun tidak langsung".


    Sementara itu, Ketua Pemuda Katolik Komisariat Anak Cabang (Komac) Belitang, Bung Robby menyampaikan bahwa peserta pada Mapenta Pemuda Katolik ini diikuti oleh 71 orang peserta yang berasal dari 7 Stasi di wilayah Paroki Santa Maria Diangkat Ke Surga Sei Ayak.


    Robby mengharapkan dengan Mapenta ini, proses kaderisasi Pemuda Katolik dapat berjalan dengan baik sehingga dapat terbentuk kepengurusan sampai ke tingkat Desa.


    Dalam Sambutannya, Ketua Pemuda Katolik Komcab Sekadau, Bung Abun Tono menyampaikan Mapenta Pemuda Katolik merupakan program kerja Komcab yang wajib dilaksanakan dalam proses kaderisasi sesuai dengan AD/ART Pemuda Katolik. 


    "Setelah Mapenta ini akan diadakan kegiatan lanjutan yang dilaksanakan oleh Komcab seperti Latihan Kepemimpinan Dasar, Latihan Kepemimpinan Menengah serta Latihan Kepemimpinan Lanjutan. Demikian disampaikan Abun Tono sekaligus membuka rangkaian kegiatan MAPENTA Pemuda Katolik di Kecamatan Belitang.


    Rangkaian kegiatan Mapenta ini diawali dengan materi pengenalan Organisasi yang disampaikan oleh Bung Paulus Sutami selaku Penasihat Awam Pemuda Katolik Komcab Sekadau. Dalam penyamaparan materinya, Bung Sutami menjelaskan bagaimana Pemuda katolik terbentuk mulai dari awal sampai dengan hari ini.



    Sementara itu Pastor Korman, dalam penyampaian materinya menyampaikan bagaimana menjadi Pemuda Katolik yang mampu memaksimalkan potensi yang ada didalam diri setiap individu serta juga harus mampu peduli dengan kehidupan menggereja agar iman dan kehidupan rohani semakin kuat.


    Selanjutnya Materi disampaikan oleh Penasihat Awam Pemuda Katolik Komcab sekadau yaitu Bung Paulus Subarno dan Bung Fasifikus Iwan Karantika. Bung Subarno memberikan materi Keunggulan dalam Organisasi. Beliau memaparkan manfaat organisasi antara lain mengetahui kelebihan dan kekurangan, mempunyai banyak relasi, memiliki banyak keterampilan


    "Manfaat beroganisasi mengajarkan kita untuk berproses dalam kehidupan. Belajar untuk memimpin dari lingkup terkecil. Pengalaman dalam berbagai organisasi ini sangat mempengaruhi diri saya sampai sekarang" Ujar Bung Subarno


    Beliau berharap dari pengalaman beliau dapat menjadi motivasi bagi para peserta MAPENTA Pemuda Katolik di Kecamatan Belitang agar dapat terlibat aktif didalam berbagai organisasi yang bersifat membangun.


    Dalam materi selanjunya mengenai Peran pemerintah dalam Undang-Undang tentang Organisasi yang disampaikan oleh Bung Iwan Karantika, beliau memaparkan bagaimana Kader Pemuda Katolik wajib berperan aktif dalam setiap lini kehidupan, karena Pemuda Katolik merupakan Organisasi legal yang dilindungi oleh  Undang-Undang. Disatu sisi pemerintah juga wajib hadir sebagai bentuk dukungan kepada organisasi kepemudaan yang ada.


    "Kader Pemuda Katolik juga harus belajar agar lebih mementingkan kepentingan umum diatas kepentingan pribadi, selalu berjuang untuk kepentingan bersama serta saling mendukung satu sama lain agar Kader Pemuda Katolik tetap solid" Ujar Bung Iwan.


    Rangkaian kegiatan Mapenta ini ditutup penyampaian AD/ART Pemuda Katolik yang disampaikan langsung oleh Bung Abun Tono serta penyerahan Sertifikat Mapenta oleh panitia yang menandakan peserta Mapenta telah resmi menjadi Kader Pemuda Katolik. (*) 

    Komentar

    Tampilkan