-->
  • Jelajahi

    Copyright © BATU BERTULIS NEWS
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Harga Sawit Anjlok, Paulus Subarno Minta Pemkab Sekadau Cari Solusi Untuk Masyarakat

    Bertulis Network
    Friday 24 June 2022, June 24, 2022 WIB

    Anggota DPRD Kabupaten Sekadau Drs. Paulus Subarno, M.Si

    Batubertulisnews.com, Sekadau - Anjloknya Harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit yang terjadi di beberapa Daerah termasuk di Kabupaten Sekadau membuat para Petani kelapa sawit hanya bisa pasrah dan sedikit mengeluh menerima kenyataan yang saat ini terjadi. 


    Bagaimana Masyarakat tidak mengeluh. harga TBS kelapa sawit yang dulunya menyentuh harga Rp3.500 per Kg, saat ini hanya dihargai Rp2000 bahkan di beberapa Loading RAM ada yang dihargai hanya Rp1.550 bahkan lebih parahnya lagi ada yang membeli dengan harga 1000 Rupiah per kilogram nya.


    Menyikapi anjloknya harga komoditas kelapa sawit ini. Anggota DPRD Kabupaten Sekadau Drs. Paulus Subarno, M.Si, turut merasa prihatin dengan banyaknya keluhan dari Masyarakat serta akan berupaya menyuarakan hal tersebut kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Sekadau.


    "Para petani kelapa sawit di Kabupaten Sekadau saat ini mengeluhkan harga TBS yang terus turun. Sementara itu harga barang seperti pupuk dan pestisida malah naik, sebenarnya apa yang terjadi padahal keran Ekspor sudah dibuka oleh Pemeritah Pusat" Ungkap Paulus Subarno Pada hari Kamis, 23 Juni 2022.



    "Sampai ada dugaan di Masyarakat bahwa hal ini terjadi karena adanya permainan dari pihak-pihak tertentu salah satunya Pabrik kelapa sawit (PKS) yang sewenang-wenang membeli TBS dari Petani dibawah harga yang telah ditetapkan oleh Pemerintah. Semoga saja hal tersebut tidak terjadi" Tambahnya.


    Anggota DPRD Kabupaten Sekadau Fraksi Partai Hanura ini berharap kepada Pemerintah Daerah selaku Eksekutif agar mecari solusi terbaik bagi Masyarakat. Salah satunya dengan melakukan Sidak Langsung ke beberapa perusahaan kelapa sawit yang ada di wilayah Kabupaten Sekadau dan memberi teguran keras jika ditemukan Pabrik kelapa sawit yang melangar ketetapan Pemerintah.


    "Saya berharap semoga Pemerintah Daerah Kabupaten Sekadau mendengar keluhan dari para petani kelapa sawit ini agar tidak ditemukan Pabrik kelapa sawit (PKS)yang menyensarakan Masyarakat degan cara mempermainkan harga. Sehingga perekonomian Masyarakat juga bisa kembali meningkat" Harap Legislator Partai Hanura ini.


    Berdasarkan hasil rapat tim penetapan harga TBS kelapa sawit produksi pekebun Kalbar pada 15 Juni 2022, ditetapkan harga untuk periode I Juni 2022. Harga tertinggi di umur 10- 20 tahun yakni Rp2.733 per kilogram. Untuk harga terendah di umur 3 tahun yakni Rp2.040,12 per kilogram. Sedangkan untuk harga CPO Rp12.237,82 per kilogram dan PKO Rp7.217,53 per kilogram (Rn)

    Komentar

    Tampilkan