-->
  • Jelajahi

    Copyright © BATU BERTULIS NEWS
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Bawaslu Imbau DCS Tidak Curi Star Kampanye

    Bertulis Network
    Friday 15 September 2023, September 15, 2023 WIB
    Ketua Bawaslu Kabupaten Sekadau, Marikun

    Batubertulisnews.com, Sekadau - Ketua Bawaslu Sekadau, Marikun, sebut sudah ada daftar calon sementara magnitudo (DCS) Kabupaten Sekadau yang lakukan kampanye sebelum waktunya, Jum'at 15 September 2023.


    Dikatakan Marikun, kampanye terselubung itu terlihat di beberapa baliho atau spanduk yang di pasang di wilayah Kabupaten Sekadau. Ia pun mengimbau agar DCS tidak melakukan hal-hal yang melanggar aturan dalam Pemilu serentak 2024.


    Meski begitu, Marikun, menjelaskan jika partai politik hanya memperkenalkan DCS dalam bentuk baliho atau spanduk masih diperbolehkan. Namun DCS tidak boleh perorangan memasang spanduk dalam bentuk ajakan untuk memilih.



    "Tapi kalau parpol pasang umbul-umbul itu boleh, spanduk terkait visi misi itu boleh tapi harus melihat dengan etika, estetika tata kelola dalam kota. Jadi kita harap calon itu kampanye sesuai tahapan saja. Kalau sejauh ini diperhatikan di pinggir jalan ada DCS yang melakukan kampanye di luar jadwal, namun Bawaslu juga tidak bisa bertindak karena belum tahapan kampanye, " kata Marikun. 


    Sementara itu, Bawaslu Sekadau juga sudah menyampaikan kepada Kesbangpol dan Sat Pol PP Sekadau, jika baliho dan spanduk yang dipasang mengganggu etika, estetika dan tata kelola kota, maka hal itu menjadi kewenangan Pemerintah Daerah. 


    "Kalau tahapan kampanye ada aturan yang dilanggar calon, Bawaslu bisa melakukan pencegahan dan penindakan. Bawaslu sudah mengimbau baik ke parpol yang ditembuskan ke pemerintah agar pemilu berjalan baik dan lancar, " tandas Marikun. (*) 


    Komentar

    Tampilkan