-->
  • Jelajahi

    Copyright © BATU BERTULIS NEWS
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Sejarah Berdirinya Kabupaten Landak Hingga Saat ini Berusia 24 Tahun

    Bertulis Network
    Thursday 12 October 2023, October 12, 2023 WIB

     
    Ramah Tamah, Makan Baranje' dan Fashion Show, dalam rangka HUT ke-24 Kabupaten Landak, di Aula utama Kantor Bupati Landak. Kamis, 12 Oktober 2023.



    BATUBERTULISNEWS, LANDAK - Kabupaten Landak, Provinsi Kalimantan Barat, kini sudah memasuki usia ke -24 tahun. Dirayakan pada tanggal 12 Oktober 2023, beragam kegiatan digelar Pemkab Landak untuk memeriahkannya. 


    Seperti yang dilaksanakan pada hari ini, Pemerintah Kabupaten Landak melaksanakan Upacara Bendera, Ramah Tamah, Makan Baranje' dan Fashion Show, di Aula utama Kantor Bupati Landak, Kamis, 12 Oktober 2023.


    Kegiatan itu dihadiri PJ Bupati Landak, Samuel, Anggota DPR RI Komisi II Drs. Cornelis, Perwakilan Pemprov Kalbar, Forkopimda Landak, SKPD di lingkungan Pemkab Landak dan perwakilan masyarakat. 


    Pada kesempatan itu, Pj Bupati Landak, Samuel, menyampikan bahwa pembentukan Kabupaten Landak melalui proses yang tidak mudah dan melalui perjuangan yang panjang. Dimulai pada periode tahun 1957 sampai dengan tahun 1970 disuarakan aspirasi masyarakat yang diprakarsai oleh tokoh masyarakat dan kaum cendikiawan mencita-citakan pembentukan sebuah daerah otonom.


    Isu pembentukan Kabupaten Landak digaungkan kembali pada tahun 1985 sejak disahkannya wilayah kerja pembantu Bupati Pontianak wilayah Ngabang.


    Usulan pemekaran wilayah Kabupaten Landak menemui titik terang setelah mendapatkan usul dari DPRD Daerah Tingkat II Pontianak dan menjadi bahan pembahasan pada sidang DPRD dan DPR RI. Usulan itu menjadi perhatian khusus diera reformasi yang puncaknya melalui pengesahan undang-undang nomor 55 tahun 1999 menjadi keabsahan pembentukan Kabupaten Landak. 



    "Pada hari ini Kabupaten Landak genap berusia 24 tahun, yang jika di analogikan dengan individu manusia telah tumbuh dewasa dan sedang dalam masa produktif baik dalam pola pikir, perilaku dan tindakan. Mari kita jadikan momentum untuk lebih meningkatkan semangat dan integritas serta bersinergi untuk bekerja sama sehingga dapat mewujudkan Kabupaten Landak yang lebih mandiri, maju dan sejahtera," imbuh Samuel.


    Selama kurun waktu 24 tahun ini Kabupaten Landak telah mengalami kemajuan dan perkembangan yang cukup pesat baik melalui pertumbuhan ekonomi, pendapatan perkapita daerah, penurunan angka kemiskinan serta peningkatan indeks pembangunan manusia hal ini dapat tercapai bukan hanya berkat usaha pemerintah saja melainkan karena kerjasama yang terjalin baik dari berbagai pihak.

    Samuel, menyampaikan prestasi-prestasi yang diperoleh ini tentu tidak terlepas dari hasil pelaksanaan program dan kegiatan pembangunan dari berbagai sektor baik pendidikan, kesehatan, pertanian dan lainnya serta dukungan dari seluruh lapisan masyarakat.


    "Tahun ini kita memasuki tahapan tahun politik dimana tahun 2024 di bulan Februari akan diadakan pemilihan umum. Saya menghimbau kepada seluruh Aparatur Sipil Negara yang mengabdi di Kabupaten Landak agar menjaga netralitas dan mensukseskan seluruh tahapan pemilu dan pilkada tahun 2024," kata Samuel. 


    Sedangkan kepada seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Landak dihimbau agar menggunakan hak politiknya dengan baik sesuai dengan amat peraturan perundang-undangan yang berlaku dan tetap menjaga kondusifitas daerah yang aman, tentram dan tertib. ( M) 


    Komentar

    Tampilkan