-->
  • Jelajahi

    Copyright © BATU BERTULIS NEWS
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Ketua ICDN Sekadau Mengimbauan Masyarakat Dayak Tidak Malu Berladang

    Bertulis Network
    Saturday 4 November 2023, November 04, 2023 WIB

    Ketua DPD ICDN Sekadau Paulus Subarno saat melaksanakan ritual sembayang padi

    Batubertulisnews.com, Sekadau - Ketua Dewan Perwakilan Daerah Ikatan Cendikiawan Dayak Nasional (ICDN) Kabupaten Sekadau, Paulus Subarno, himbau masyarakat Dayak tidak malu berladang. Hal tersebut dikatakan Paulus Subarno saat melaksanakan ritual syukur padi di Selalong, Desa Selalong, Kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau. 


    "Jangan malu berladang, karena dengan berladang kita bisa memenuhi kebutuhan makan sehari-hari, minimal tidak membeli dari hasil tersebut, selain itu, berladang juga sebagai bentuk kearifan lokal yang mesti kita lestarikan" Kata Paulus Subarno, Sabtu, 05 November 2023.



    Lebih lanjut, Paulus Subarno, juga mengimbau masyarakat Dayak, khususnya di Kabupaten Sekadau, agar tidak berhenti berladang, sebagai bentuk antisipasi krisis pangan. Mengingat saat ini kondisi dunia sedang tidak baik-baik saja. 


    "Saat ini perang di mana-mana, negara lain dapat dipastikan untuk membatasi impor ke negara kita (Indonesia), untuk itu saya berharap kepada masyarakat Dayak terus berladang, untuk menghasilkan beras, minimal untuk tidak membeli, " harap Paulus Subarno.


    Ditegaskan Paulus Subarno, berladang merupakan tradisi suku Dayak yang turun temurun dari nenek moyang. Dengan adanya tradisi yang berstruktur serta berencana ini, diharapkan generasi penerus tidak melupakannya.

     (*) 


    Komentar

    Tampilkan