-->
  • Jelajahi

    Copyright © BATU BERTULIS NEWS
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Sebanyak 1300 Guru Ikuti Kegiatan Hari Guru Nasional di Sekadau

    Bertulis Network
    Monday 27 November 2023, November 27, 2023 WIB

     

    Peserta kegiatan Seminar Pendidikan dalam rangka Peringatan Hari Guru Nasional, di aula SMKN Sekadau, Kalbar, Senin, 27 November 2023. (Diskominfo Sekadau) 


    Batubertulisnews.com, Sekadau- Wakil Bupati Sekadau, Subandrio, membuka Seminar Pendidikan dalam rangka Peringatan Hari Guru Nasional, di aula SMKN 1 Sekadau, Kalbar, Senin, 27 November 2023. 


    Pada kesempatan itu Subandrio, memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya bagi tenaga pendidikan, khususnya di Kabupaten Sekadau. Dikatakan Subandrio, dalam membangun sebuah dunia pendidikan, kita harus mengetahui akar persoalan yang harus dituntaskan. 


    "Mungkin selama ini kita bekerja dengan normal, tapi sebelumnya kita tidak mengetahui apa persolaan yang ada. Guru harus paham persoalan yang harus dituntaskan, " kata Subandrio. 


    Dia menjelaskan, Kabupaten Sekadau memiliki tiga persoalan besar dan perlu kerjasama semua pihak untuk keluarga dari permasalahan tersebut. Tiga permasalahan yang besar itulah yang mempengaruhi Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Sekadau yang saat ini berada di ranking 13 dari 14 se-Kalimantan Barat. 


    Persoalan di antaranya, di bidang pendidikan, yang mana rata-rata tingkat pendidikan masih rendah dan angka putus sekolah tinggi. Kedua bidang ekonomi, di mana Sekadau pada tahun 2021 pertumbuhan ekonomi rendah, dan daya beli masyarakat kurang. Ketiga, bidang kesehatan, satu di antaranya angka stunting yang masih tinggi. 


    "Untuk menuntaskan itu Pemerintah Kabupaten Sekadau konsen mengatasinya dengan program IP3K, untuk Sekadau yang maju, sejahtera dan bermartabat. Kita semua hadir untuk mewujudkan visi misi daerah, " tandasnya. 


    Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sekadau, Fran Dawal, menjelaskan bahwa Seminar Pendidikan ini terselenggara atas inisiatif dan kreatifitas dari para guru yang tergabung dalam dua organisasi profesi besar di Kabupaten Sekadau yaitu PGRI dan IGI sesuai dengan tema hari guru nasional tahun 2023 yaitu “Bergerak Bersama, Rayakan Merdeka Belajar”.


    "Maka bersama dengan kegiatan ini kami dari panitia telah mengadirkan kurang lebih 1.300 guru dalam rangkaian kegiatan ini yang akan dilaksanakan selama dua hari, " kata Fran Dawal. 


    Adapun dasar hukum kegiatan

    a. Undang-undang Nomor 20 Tahun Tentang Sistem Pendidikan Nasiona. 

    B. Undang-undang Nomor 13 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. 

    C. Peraturan Daerah Kabupaten Sekadau Nomor 11 Tahun 2022 Tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Sekadau Tahun Anggaran 2023.

    D. Peraturan Bupati Sekadau Nomor 51 Tahun 2022 Tentang Penjabaran Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Sekadau Tahun Anggaran 2023. 

    E. Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sekadau Nomor 1 Tahun 2023 Tanggal Oktober 2023 Tentang Penetapan Panitia Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2023.


    Dasar Pelaksanaan

    a. Surat Menteri Pendidikan, Riset Dan Teknologi Nomor 36927/MPK.A/TU.02.03/2023 tanggal 26 Oktober 2023 perihal pedoman peringatam hari guru nasional tahun 2023.

    b. Hasil musyawarah bersama dua organisasi profesi di Kabupaten Sekadau yaitu PGRI dan IGI yang menyepakati rangkaian kegiatan peringatan hari guru nasional tahun 2023 yang dilaksanakan pada tanggal 27-28 November 2023.


    Rangkaian kegiatan hari guru nasional tahun 2023 di antaranya seminar pendidikan dengan tema implementasi kurikulum merdeka dan masalah-masalah guru yang ada di Kabupaten Sekadau.


    Narasumber seminar yakni, Titis Kartikasari, S.Pd ketua BPP KGBM Kalbar. Nining Wiiyanti, M.Pd selaku PP Guru Penggerak. Wakil Bupati Sekadau,Subandrio, Kepala BKPSDM Kabupaten Sekadau, anggota DPRD Kabupaten Sekadau dan Dinas Pendidikan Kabupaten Sekadau, yang dilaksanakan di aula SMKN 1 Sekadau. 


    Selain itu juga akan dilaksanakan upacara hari guru nasional, dan pameran pendidikan yang akan dilaksanakan di lapangan dan parkiran kantor Bupati Sekadau padap 28 November pagi. 


    Peserta kegiatan seluruh guru tingkat TK, PAUD, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas serta Sekolah Menengah Kejuruan Di Kabupaten Sekadau dengan jumlah 1300 orang. 


    Komentar

    Tampilkan