-->
  • Jelajahi

    Copyright © BATU BERTULIS NEWS
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Subandrio Minta Desa Lakukan Pendataan Penerima Bansos Secara Serius

    Bertulis Network
    Tuesday 7 November 2023, November 07, 2023 WIB

    Wakil Bupati Sekadau, Subandrio, saat membuka rapat Koordinasi Kegiatan Fasilitasi Bantuan Sosial Kesejahteraan Keluarga tahun 2023 di Gedung Ketaketik Sekadau, Selasa 7 November 2023.


    Batubertulisnews.com, Sekadau- Wakil Bupati Sekadau, Subandrio, tegaskan kepala desa dan operator SIKS-NG Desa untuk melakukan verifikasi dan validasi kelayakan penerima bantuan sosial secara serius agar bantuan tetap sasaran. 


    Hal itu disampaikan Subandrio, saat membuka Rapat Koordinasi Kegiatan Fasilitasi Bantuan Sosial Kesejahteraan Keluarga tahun 2023 di Gedung Ketaketik Sekadau, Selasa 7 November 2023.


    Dikatakan Subandrio, Kementerian Sosial Republik Indonesia telah membuat sistem pengelolaan data kemiskinan melalui Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang merupakan data induk untuk pemberian bantuan sosial kepada keluarga penerima manfaat seperti Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Penerima Bantuan Iuran (PBI) dan bantuan sosial lainnya.


    "Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) ini merupakan bagian yang sangat penting untuk kita melakukan pemuktahiran data dan verifikasi serta validasi agar data tersebut akurat dan tepat sasaran, " ujarnya. 


    Sehubungan dengan hal itu, Subandrio, meminta kepada kepala desa dan operator SIKS-NG Desa untuk terus melakukan verifikasi dan validasi kelayakan penerima bantuan sosial baik itu dari pemerintah pusat maupun dari pemerintah daerah. 


    Serta melakukan pendataan kepada warga yang layak untuk diusulkan masuk ke dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) melalui aplikasi Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial Next Generation (SIKS-NG).


    "Pemerintah Kabupaten Sekadau juga terus berupaya untuk melakukan pemutakhiran data guna memberikan multi layanan kepada masyarakat miskin dan rentan miskin. Serta memberikan fasilitas untuk layanan-layanan yang difungsikan untuk mengintegrasikan berbagai layanan sosial, " jelasnya. 


    Adapun langkah-langkah strategis, cepat, tepat, terpadu dan terarah juga dilakukan oleh pemerintah daerah seperti — penanganan Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) yang masih dihadapi dan perlu penanganan lebih lanjut melalui koordinasi penanggulangan kemiskinan bagi keluarga miskin dan rentan miskin di antara para pemangku kebijakan.


    Komentar

    Tampilkan