-->
  • Jelajahi

    Copyright © BATU BERTULIS NEWS
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Umat Katolik di Sekadau Laksanakan Misa Arwah

    Bertulis Network
    Thursday 2 November 2023, November 02, 2023 WIB
    Misa arwah di pemakaman Santo Yosep 1

     

    Sekadau_Batubertulisnews.com- Umat Katolik di Paroki Santo Petrus dan Paulus Sekadau, peringati hari Arwah bagi arwah semua orang beriman yang telah meninggal dunia, Kamis 2 November 2023.


    Biasanya setiap tanggal 2 November, Paroki Santo Petrus dan Paulus Sekadau akan mengadakan misa arwah di pemakaman Santo Yosep 1 dan pemakaman Santo Yosep 2. 


    Adapun di pemakaman Santo Yosep 1, misa dipimpin oleh Pastor Martinus Pasionis, sementara di pemakaman Santo Yosep 2, misa dipimpin oleh Pastor Yohanes Paulus Pasionis. 


    Pastor Martinus Pasionis mengatakan, saat kematian sesungguhnya merupakan peristiwa puncak kehidupan. Hidup tidak lenyap, melainkan hanya diubah. Kematian adalah awal dari hidup baru, kematian adalah transpormasi di mana tubuh dan jiwa melalui proses untuk masuk kehadirat Tuhan. 



    "Umat Katolik percaya bahwa sesudah pengembaraan di dunia ini selesai, tersedialah kediaman abadi di surga, " kata Pastor Martinus.

     

    Ribuan umat saat mengikuti missa arwah


    Dalam kesempatan itu, Pastor Martin mengajak umat untuk mendoakan saudara saudara yang telah meninggal dunia yang masih di api penyucian menantikan kerahiman Tuhan, sehingga kelak boleh memperoleh kebahagiaan bersama Bapa dalam kerajaan surga. 


    Sementara itu, anggota DPRD Kabupaten Sekadau, Paulus Subarno, yang turut hadir dalam misa arwah mengatakan, kesadaran umat Katolik untuk mendoakan keluarganya yang sudah meninggal sangat luar biasa.


    Hal ini dapat dilihat dari banyaknya umat Katolik yang hadir dalam misa peringatan arwah setiap tanggal 2 November untuk mendoakan arwah leluhur, orang tua dan keluarga yang sudah meninggal.


    "Ini merupakan tradisi dan kebiasaan umat Katolik untuk mendoakan dan menghormati sanak saudara yang sudah meninggal dunia. Saat misa, nama-nama keluarga dan sanak saudara yang sudah meninggal dunia dan dimohon secara khusus oleh umat, dibacakan dan didoakan oleh pastor. Selain itu, semua makam yang ada di pemakaman diberkati dengan air kudus oleh pastor, prater, bruder dan suster, " jelasnya. ( Red) 




    Komentar

    Tampilkan