-->
  • Jelajahi

    Copyright © BATU BERTULIS NEWS
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Air Sungai Meluap, Jembatan Gantung di Desa Sebabas, Sekadau Rusak Parah

    Bertulis Network
    Friday 8 December 2023, December 08, 2023 WIB

     

    Jembatan gantung di Dusun Kemoyuk dan Dusun Setugal, Desa Sebabas, Kecamatan Nanga Mahap, Kabupaten Sekadau, Kalbar, yang rusak parah, Jumat 8 Desember 2023.


    Batubertulisnews.com, Sekadau- Diterjang hujan deras, jembatan gantung di Dusun Kemoyuk dan Dusun Setugal, Desa Sebabas, Kecamatan Nanga Mahap, Kabupaten Sekadau, Kalbar, rusak parah, Jumat 8 Desember 2023.


    Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sekadau, Ir. Akhmad Suryadi, MT mengatakan berdasarkan hasil monitoring TRC BPBD Kabupaten Sekadau pada hari Kamis tanggal 7 Desember 2023, jembatan gantung itu mengalami rusak berat akibat tingginya curah hujan yang terjadi hari Rabu pukul 19:00 WIB.

    Hujan deras itu membuat Sungai Mahap meluap dan membawa material dari hulu sungai berupa pohon / kayu yang berukuran besar hanyut dan menghantam jembatan. Sehingga jembatan putus sekitar pukul 00:15 WIB. Padahal jembatan tersebut merupakan akses jalan masyarakat menuju perkebunan warga. 



    "Material yang hanyut dan sangkut di lantai jembatan mengakibatkan tali sleng penahan jembatan putus, sehingga membuat jembatan miring. Jembatan tersebut juga menghubungkan ke Dusun Pait, Desa Sebabas dan Dusun Manjang, Desa Karang Betung. Kondisi juga diperparah dengan longsoran di pesisir Sungai Nanga Mahap yang naik kerena curah hujan tinggi dan air pasang, " jelas Akhmad Suryadi. 

    Akibat kejadian itu, TRC BPBD Kabupaten Sekadau menghimbau kepada warga untuk berhati-hati untuk melintasi jembatan tersebut. Rusaknya jembatan tersebut saat ini mengakibatkan terganggunya akses warga. 


    Adapun langkah yang dilakukan saat ini adalah pendataan jembatan dan dampak yang terjadi. Menghimbau untuk dipasang rambu peringatan kondisi jembatan dalam keadaan rusak. Serta menghimbau kepada warga untuk selalu waspada terhadap kondisi curah hujan tinggi. 



    Komentar

    Tampilkan