-->
  • Jelajahi

    Copyright © BATU BERTULIS NEWS
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Seminar Pekan Pemuda Sekadau, Ini Harapan Bupati Sekadau

    Bertulis Network
    Saturday 2 December 2023, December 02, 2023 WIB
    Seminar Pemuda dengan tema memperkuat produktivitas dan integritas pemuda masa kini, di SMK Keling Kumang Sekadau, Kalbar, Sabtu, 2 Desember 2023.



    Batubertulisnews.com, Sekadau -Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sekadau, laksanakan Seminar Pemuda dengan tema memperkuat produktivitas dan integritas pemuda masa kini, di SMK Keling Kumang Sekadau, Kalbar, Sabtu, 2 Desember 2023.


    Kegiatan itu dibuka oleh Bupati Sekadau, Aron, dengan dihadiri Kadisporapar Sekadau, Kepala SMK KK, Sat Pol PP Sekadau, dan para peserta yang merupakan siswa-siswi SMA/SMK sederajat di Kabupaten Sekadau sebanyak 60 orang. 


    Bupati Sekadau, Aron, mengatakan, generasi muda adalah garda terdepan dalam perkembangan daerah dan bangsa ini. Tantangan masa depan pasti begitu komplek dengan berbagai arus kemajuan yang tidak bisa dihindari, maka dari itu generasi muda harus mempersiapkan diri. 


    Terlebih pada tahun 2045 Indonesia akan mencapai masa emas yang saat itu Indonesia berada pada usia 100 tahun. Tentu ada hal-hal yang harus dipersiapkan karena Indonesia juga akan terdampak bonus demografi, di mana angka pencari kerja akan lebih banyak dibandingkan lowongan kerja. Nantinya manusia juga akan bersaing dengan robot. 


    "Saya yakin dan percaya generasi jaman sekarang bisa menyelesaikan tantangan itu. Karena sekarang juga proses pembelajaran sudah berstandar IT. Contoh saja Singapore, meskipun hanya negara kecil tetapi mereka memiliki kemampuan yang luar biasa karena mereka mempersiapkan SDM. Saya yakin kita juga akan mengarah ke sana hanya soal waktu, " kata Aron. 


    Ia pun berharap generasi muda saat ini dapat semakin giat untuk belajar dan mempersiapkan diri. Dikatakan Aron, pendidikan seperti buah, pahit di akar, manis di buah. 


    "Kita tidak boleh mundur, kita harus maju, bergerak, berjuang, karena masa depan Sekadau, Kalbar dan Indonesia ada di generasi muda yang akan datang, " imbuh Bupati Sekadau itu. 


    Pada kesempatan itu, Aron juga berterimakasih kepada Pemuda Pelopor Sekadau dan Dinas Porapar yang menginisiasi pertemuan hari ini, memberi wadah bagi generasi muda Sekadau untuk berbicara tentang memperkuat indentitas pemuda. 


    Senada, Kadisporapar Sekadau, Bayu Dwi Harsono, mengatakan di tengah arus modernisasi dan global, tantangan bagi pemuda pemudi di Indonesia dan Sekadau khususnya menjadi sangat besar. Tidak ada batas-batas negara yang terlalu jelas secara arus informasi, meskipun secara teritorial, Indonesia memang memiliki batas-batas negara yang jelas. 


    Sementara itu, saat ini tidak ada satu orangpun yang tidak memiliki gadget, dari handphone inilah arus informasi baik yang positif dan negatif tersampaikan kepada masing-masing individu. 


    Arus informasi ini akan berdampak positif bila sampai dan diterima oleh pemuda yang punya rasa nasionalisme yang kuat, percaya diri dan punya semangat membangkitkan daerahnya. Tapi bisa saja berdampak negatif bagi pemuda yang belum memiliki kekuatan dan semangat nasionalisme, mereka akan mudah dimasukin unsur-unsur informasi yang tidak jelas. 


    Hal itulah yang menjadi salah satu alasan dilaksanakannya Seminar Pekan Pemuda bagi siswa-siswi SMA sederajat di Sekadau. Dengan narasumber seminar yang merupakan Pemuda Pelopor Kalbar, diharapkan kegiatan itu dapat memberikan motivasi untuk belajar, mempersiapkan generasi muda menjadi pemuda pelopor kebanggaan Sekadau. 


    Selain itu dalam Festival Pekan Pemuda juga dilaksanakan sejumlah hiburan dan pameran yang dilaksanakan selama satu malam di Rumah Betang Youth Center Sekadau, pada Sabtu (2/12/2023) malam. 

    Komentar

    Tampilkan