-->
  • Jelajahi

    Copyright © BATU BERTULIS NEWS
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Salurkan Aspirasi, Martinus Sudarno Serahkan Alat Musik Tradisional

    Thursday 25 January 2024, January 25, 2024 WIB
    Anggota DPRD Prov Kalbar Martinus Sudarno Saat Menyerahkan Alat Musik Tradisional kepada Paguyuban Ayung Tao Ketungau


    Batubertulisnews.com, Sekadau - Adakan Reses, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalbar Martinus Sudarno Fraksi Partai Demokerasi Indonesia Perjuangan (Daerah pemilihan 6  Sanggau-Sekadau) tunaikan harapan masyarakat Sub Suku Dayak Ayong Tao Ketungau dengan menyerahkan alat musik tradisional Dayak gong Gama kepada Paguyuban Ayong Tao Ketungau Kabupaten Sekadau, bertempat di jl murai, Desa Sungai Ringin, Kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau, Kalbar, Kamis, 25 Januari 2024.



    “Tahun 2022 lalu, Perkumpulan ayong tao Ketungau mengajukan bantuan dana hibah untuk pemberdayaan perkumpulan. dari provinsi kita menyambut baik usulan itu, lalu kita anggarkan hibah kepada perkumpulan ayong Tao Ketungau cair 2023 yg lalu. Adapun penggunaan hibah itu untuk membeli alat musik tradisional Dayak gong Gamal. Menurut saya ini yang baik karena salah satu tujuan berdirinya dari perkumpulan ini adalah untuk menjaga kelestarian seni dan budaya masyarakat Dayak Ketungau”. Kata Martinus Sudarno.


    Adapun alasan Martinus Sudarno menyetujui pembelian alat musik tradisional tersebut sebagai bentuk upaya melestarikan adat dan budaya setempat ditambah alat musik tersebut juga salah satu barang yang menurut orang tua jaman dulu sebagai barang yang sangat berharga, sehingga hanya di beberapa kampung yang masih memiliki alat ini secara lengkap. 


    “Maka dari itu saya setuju bahwa dana yang diberi pemerintah provinsi itu digunakan untuk membeli seperangkat alat musik Dayak, ini yang menurut saya cukup lengkap, dan saya berharap ini bisa diwariskan kepada generasi muda, digunakan sebaik-baiknya menjadi inventarisasi perkumpulan ini dan siapa saja keluarga yang ingin menggunakan alat musik ini dipersilahkan”, ungkapnya.


    Martinus Sudarno berharap dengan adanya Alat ini dapat dijaga, dipelihara dan digunakan. Adapun untuk orang tua yang masih mengingat cara penggunaan alat ini supaya bisa mengajarkannya kepada generasi muda agar tidak lupa dengan adat istiadat nya sendiri. 


    Selain itu dirinya juga berharap dengan adanya alat musik tradisional tersebut indentitas sebagai kelompok masyarakat yang tetap menjaga adat dan budaya kedepanya dapat terus dilestarikan dari turun temurun Karena dengan menjaga adat dan budaya sebagai bentuk upaya mendukung kebudayaan Nasional Indonesia. 


    “Saya sangat gembira ini sesuai yang tidak semua orang mau memikirkannya, ketika perkumpulan ini mengusulkannya saya sangat senang dan merespon dan langsung Membeli, jadi harapan saya ini bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama”. Pungkas Martinus Sudarno. (Su)

    Komentar

    Tampilkan