-->
  • Jelajahi

    Copyright © BATU BERTULIS NEWS
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Simulasi Pungut Hitung di TPS, KPU Sekadau Harap Angka Partisipasi Pemilih Meningkat

    Bertulis Network
    Monday 29 January 2024, January 29, 2024 WIB

     

    Proses simulasi Pemungutan, Penghitungan dan Rekapitulasi TPS di Terminal Lawang Kuari Sekadau, Senin, 29 Januari 2024.


    Batubertulisnews.com, Sekadau- Laksanakan Simulasi Pemungutan, Penghitungan dan Rekapitulasi TPS di Terminal Lawang Kuari Sekadau. KPU Kabupaten Sekadau harap tingkat partisipasi pemilih meningkat pada pemilu 2024, Senin, 29 Januari 2024.


    Ketua KPU Sekadau, Fransiskus Khoman, mengatakan melalui simulasi pungut hitung itu KPU ingin menyampaikan pesan kepada masyarakat bahwa KPU Sekadau beserta jajaran hingga ke tingkat TPS siap melaksanakan proses pemungutan dan perhitungan surat suara pada 14 Februari 2024 mendatang. 

    Dijelaskan Khoman, nantinya dalam proses pungut dan hitung yang dilakukan di TPS akan disesuaikan dengan petunjuk teknis yang ada, di mana proses pungut hitung akan dimulai dari pukul 07:00 WIB dan berakhir pukul 13:00 WIB. 



    Kemudian dilanjutkan dengan penghitungan surat suara untuk lima jenis surat suara, yakni Presiden-Wakil presiden, DPD RI, DPR-RI, DPR Provinsi, dan DPRD kabupaten/kota.

    "Melalui simulasi ini kita ingin masyarakat mengetahui terkait jadwal dimulainya pemungutan dari jam 7, di mana jam 7 itu baru kotak suara boleh dibuka disaksikan oleh saksi dan pengawas TPS, dalam prosesnya kita mengakomodir 3 kategori pemilih, " kata Khoman. 


    Adapun pemilih yang diakomodir di antaranya, pemilih yang terdaftar dalam DPT, kedua pemilih yang menggunakan hak pilih pindah memilih atau DPTB dan ketiga pemilih yang menggunakan KTP domisili setempat atau DPK. 


    Sementara untuk jenis surat suara yang diterima, khusus DPT mendapatkan 5 jenis surat suara, kemudian DPK juga mendapatkan 5 jenis surat suara, sedangkan untuk DPTB hanya bisa mendapat dua 2 jenis surat suara yakni Presiden-Wakil Presiden dan DPD RI. 


    "Tentu harapannya semua pemilih terakomodir, dan tingkat partisipasi masyarakat dengan adanya simulasi ini makin bertambah, " tandas Khoman. 

    Komentar

    Tampilkan