-->
  • Jelajahi

    Copyright © BATU BERTULIS NEWS
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Pengembalian Kotak Suara di Belitang Hilir Sekadau Terjang Banjir, Hingga Jalanan Berlumpur

    Bertulis Network
    Friday 16 February 2024, February 16, 2024 WIB
    Proses pergeseran kotak surat di Kecamatan Belitang Hilir, Kabupaten Sekadau, Kalbar. 


    Batubertulisnews.com, Sekadau - Petugas penyelenggara pemilu bersama TNI Polri di Kabupaten Sekadau harus berjibaku dengan banjir hingga kubangan lumpur saat pergeseran kotak surat dari TPS ke kecamatan. 


    Berbagai kendala itu dilalui petugas setelah intensitas hujan yang tinggi mengakibatkan sejumlah jalur transportasi darat di Kecamatan Belitang Hilir terendam banjir. Kondisi itu diperparah karena jalan yang dilalui adalah jalan kuning di tengah perkebunan kelapa sawit. 

    Sebanyak 45 kotak suara yang dibawa menuju PPK Kecamatan Belitang Hilir harus melewati kondisi hujan deras, jalan berlumpur, dan banjir sepanjang kurang lebih 300 meter. Bahkan mereka harus memutar ke jalan lain di Desa Menua Prama, Kecamatan Belitang. Sehingga menambah waktu perjalanan.



    Para petugas di TPS Desa Kumpang Bis bersama personel TNI, Polri dan KPPS juga terpaksa menginap di Kantor Desa Kumpang Bis. Karena hujan deras yang turun semalaman. Tidak hanya itu, kotak suara juga harus dievakuasi menggunakan kendaraan Jondere dari pihak perusahaan untuk melewati jalan yang rusak dan berlumpur. Antisipasi kejadian yang tidak diinginkan juga dilakukan Polsek Belitang Hilir dengan menjemput rombongan.

    Brigadir Endriatno, satu di antara personel yang mengawal pergeseran kotak surat itu mengatakan, jarak tempuh dari Kecamatan Belitang Hilir menuju Desa Kumpang Bis sekitar 40 Km. Biasanya bisa ditempuh hanya dalam waktu 45 menit.


    "Hambatan tersebut dapat dilalui, tepat pukul 16.30 WIB, rombongan petugas TNI-Polri dan KPPS tiba di PPK Kecamatan Belitang Hilir, dan kotak suara dalam keadaan aman tanpa kerusakan," ujar Endriatno.


    Sementara itu, Kapolres Sekadau AKBP Dr. I Nyoman Sudama, mengungkapkan bahwa pergeseran kotak suara dari PPS Desa Kumpang Bis menuju PPK menjadi pergeseran terakhir. Terdapat banyak hambatan yang terjadi, tidak hanya di Desa Kumpang Bis.


    "Dalam pergeseran kotak suara dari PPS menuju PPK, memang terjadi banyak hambatan, namun hal itu dapat diatasi dengan baik berkat kesigapan petugas TNI-Polri dan kerjasama dengan KPPS, sehingga kotak suara tiba di PPK dengan aman dan lancar," ungkap Kapolres.

    Komentar

    Tampilkan