-->
  • Jelajahi

    Copyright © BATU BERTULIS NEWS
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Dinas PMD Ungkap Kemajuan Desa di Sekadau Terus Alami Kenaikan Dari Tahun ke Tahun

    Bertulis Network
    Wednesday 3 July 2024, July 03, 2024 WIB

     

    Kepala Dinas PMD Kabupaten Sekadau, Sabas. 


    Batubertulisnews, Sekadau- Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Sekadau, Sabas mengungkapkan kemajuan desa di Kabupaten Sekadau naik signifikan dari tahun 2019, Rabu 3 Juli 2024.


    Sabas mengungkapkan, pada tahun 2019 Kabupaten Sekadau baru memiliki 7 desa mandiri, namun seiring berjalannya waktu sampai tahun 2023 sudah 53% desa yang berstatus desa mandiri, atau sebanyak 50 dari 94 desa. 


    "Dua tahun yang lalu juga terjadi limpahan tugas dari sekretariat daerah yaitu mengenai batas desa. Limpahan itu sudah ditindaklanjuti dengan diterbitkan beberapa peraturan Bupati tentang batas desa, " jelas Sabas memaparkan kinerja PMD. 



    Pada tahun 2022 Pemerintah Kabupaten Sekadau juga berhasil menambah jumlah desa dari 87 menjadi 94 desa dan pada tahun 2023 semuanya sudah mendapatkan dana desa dari APBD. 


    Selain itu pada tahun 2023, Pemerintah Kabupaten Sekadau yang di dalamnya juga Dinas PMD telah mengikuti tahapan audit kinerja dari BPK, dan ada beberapa aturan pemerintah pusat yang sudah mulai ditindaklanjuti. 


    "Kita juga mendorong pemerintah desa untuk menggalakkan BUMDes, " kata Sabas. 


    Sementara itu, Bupati Sekadau aron mengatakan mendekati tiga tahun masa jabatannya, telah berjuang semaksimal mungkin untuk membangun Kabupaten Sekadau. 


    "Ini juga tidak lepas dari fungsi dan peranan kepala desa karena seperti yang disampaikan, dulunya kita masih sedikit desa mandiri, sekarang sudah banyak. Ini juga menjadi progres yang memang harus kita syukuri bersama, " pungkas Aron. 

    Komentar

    Tampilkan