-->
  • Jelajahi

    Copyright © BATU BERTULIS NEWS
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Gawai Dayak ke-XIIl Kabupaten Sekadau Akan Mulai Dari Tanggal 23-27 Juli

    Bertulis Network
    Thursday 18 July 2024, July 18, 2024 WIB
    Konferensi Pers Panitia Gawai Dayak ke-XIIl Kabupaten Sekadau tahun 2024.


    Batubertulisnews, Sekadau - Panitia Gawai Dayak ke-XIIl Kabupaten Sekadau tahun 2024 melaksanakan Konferensi Pers terkait pelaksanaan dan pembukaan Gawai Dayak, konfren itu di salah satu cafe di Kabupaten Sekadau, Kalbar, Kamis 18 Juli 2024. 


    Ketua panitia Gawai Dayak ke-XIIl Sekadau, Martinus Ridi mengatakan tema Gawai Dayak kali ini adalah tentang pelestarian adat dan budaya Dayak di tengah kemajuan teknologi demi terwujudnya masyarakat yang maju, sejahtera dan bermartabat. 


    "Tema ini melihat bahwa jaman sekarang kemajuan teknologi yang luar biasa, orang berkomunikasi cepat, gambar video bisa disebarkan dengan cepat. Bagaimana kemajuan teknologi ini mendukung adat dan budaya kita jadi tidak menghilangkan adat budaya yang sudah ada, " kata Martinus Ridi. 



    Gawai Kabupaten Sekadau sejak tahun 2023 telah disepakati dilaksanakan setiap tanggal 25 bulan Juli setiap tahunnya. Pada tahun ini Gawai Dayak akan diselenggarakan dari tanggal 23-27 Juli 2024 di Rumah Betang Youth Center Sekadau. 


    Adapun tahun ini tuan rumah adat yang digunakan adalah Sub Suku Dayak Entukak. Meski begitu dalam kepanitiaan tetap diisi oleh semua sub suku Dayak di Kabupaten Sekadau. 


    Sedangkan peserta berasal dari DAD kecamatan se-Kabupaten Sekadau, sanggar seni dan budaya Dayak yang ada di Kabupaten, komunitas dan paguyuban Dayak se-kabupaten, sekolah negeri dan swasta serta masyarakat umum. 


    Adapun beberapa acara dimulai dari pembukaan, pawai dan karnaval, upacara pembukaan Sub Suku Dayak Entukak, lomba bujang dara gawai, tari kreasi, pop singer lagu Dayak, fashion show busana Dayak kreasi anak, seni dan kerajinan tradisional, menganyam tikar, menganyam ragak, mengukir perisai, menumbuk dan menampik padi, menyumpit dan pangkak gasing. 


    "Dari perlombaan yang dilaksanakan diharapkan juga nanti ada pembinaan, contoh lomba pop singer. Mereka bisa jadi artis baru, talenta mereka dikembangkan, " ujar Ridi. 

    Komentar

    Tampilkan