-->
  • Jelajahi

    Copyright © BATU BERTULIS NEWS
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Jumlah Linmas di Sekadau Capai 872 Orang, Pol PP Ungkap Belum Dimanfaatkan Secara Maksimal

    Bertulis Network
    Saturday 6 July 2024, July 06, 2024 WIB

     

    Untung Sapto Ari Wandana, Kasi Linmas, Sat Pol PP Kabupaten Sekadau. 


    Batubertulisnews, Sekadau- Sat Pol PP Kabupaten Sekadau ungkap peran linmas belum dimanfaatkan secara maksimal. Meskipun saat ini jumlahnya mencapai 872 orang termasuk kades sebagai kepala Sat Linmas dari 94 desa di 7 Kecamatan se- Kabupaten Sekadau. 


    Untung Sapto Ari Wandana, Kasi Linmas, Sat Pol PP Kabupaten Sekadau memaparkan sampai saat ini pemanfaatan dan pemberdayaan linmas memang belum maksimal. Padahal linmas berperan besar dalam menjaga keamanan di tingkat desa, terutama di tahun politik seperti saat ini. 


    Terbukti dari keterlibatan aktif linmas dalam pemilu serentak 2024 dan pilkada serentak November mendatang. Linmas sebagai pelindung masyarakat di tingkat dusun dan desa dilibatkan secara aktif saat pemungutan suara di tempat pemungutan suara (TPS). 



    "Semua desa pasti ada linmas. Perdusun itu satu linmas, perdesa antara 7 sampai 10 orang. Dia diberdayakan oleh desa, ada insentif, pos-pos jelas, dia tenaga pengaman yang pakai pakaian lengkap itu sudah dianggarkan secara nasional, hanya mungkin ada desa yang belum memberdayakan linmas, belum diberikan pendidikan dasar misalnya, dari Pol PP belum menyelenggarakan (pendidikan dasar), "ungkap Untung. 


    Dijelaskan Untung, linmas di bawah pembinaan Sat Pol PP sifatnya kooperatif, bukan penegak perda seperti Sat Pol Pp. Linmas sendiri tidak pernah mendapatkan pelatihan dasar militer sejak tahun 2004 pembinaan LINMAS berada dibawah PEMDA melalui Satuan Pamong Praja ( POL PP ) hal ini didasari UU 32 tahun 2004 yang menyatakan urusan wajib yang menjadi kewenangan Pemda Provinsi, Kabupaten/Kota, meliputi penyelenggaraan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat termasuk di dalamnya perlindungan masyarakat.


    Untung menilai ke depannya penting untuk dilakukan bimtek bagi anggota Linmas, dan memberikan pendidikan dasar bagi mereka. Sehingga keberadaan mereka lebih diketahui, dan fungsinya bisa dimaksimalkan, mengingat banyak juga daerah-daerah yang berbatasan dengan kabupaten/kota lain, bahkan negara lain. Sehingga penting bagi Linmas mengetahui dasar-dasar pelaksanaan tugas dan tanggung jawabnya. 

    Komentar

    Tampilkan