-->
  • Jelajahi

    Copyright © BATU BERTULIS NEWS
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Pemkab Sekadau Upayakan Pembangunan Jembatan Sungai Sambang

    Bertulis Network
    Friday 12 July 2024, July 12, 2024 WIB
    Kabid Mina Marga Dinas PUPR Kabupaten Sekadau, Ponsianus Kamestu 


    Batubertulisnews, Sekadau- Pembangunan ulang Jembatan Sungai Sambang di Kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau, Kalbar masih dalam pengusulan. Pemkab Sekadau siapkan 2,14 miliar bila disetujui Kementerian PUPR. 


    Kabid Mina Marga Dinas PUPR Kabupaten Sekadau, Ponsianus Kamestu menjelaskan terkait pembangunan ulang Jembatan Sungai Sambang yang ambruk beberapa waktu lalu memang menjadi prioritas pemerintah. Hal itu dikarenakan akan mempersingkat jarak tempuh desa-desa di wilayah Kecamatan Sekadau Hulu ke pusat kecamatan. 


    "Kalau dengan terbangunnya akses jembatan, kendaraan roda empat bisa cepat. Kalau sekarang masyarakat harus mutar lewat jalan nasional. Paling tidak 2 sampai 3 jam, kalau dengan jembatan hanya 30 menit sampai 1 jam sudah bisa sampai, " jelas Ponsianus. 



    Jembatan gantung yang sebelumnya sudah ada dan hanya bisa dilalui pejalan kaki serta kendaraan bermotor juga sudah roboh akibat bencana alam. Masyarakat sekitar pun hanya bisa membangun jembatan apung secara  swadaya yang dananya dikumpulkan dari iuran warga.


    "Kita sudah mengajukan permohonan bantuan rangka ke Kementerian PUPR, izin prinsip penggunaan bangunan atas sudah disetujui kementerian. Untuk tahapan hibah masih harus melalui beberapa proses. Seperti rakortek balai, rakortek pusat baru sampai ke pengeluaran surat hibah. Saat ini persiapan rakortek tingkat balai, " paparnya. 


    Ponsianus mengatakan, saat ini Pemda juga sudah menganggarkan lewat APBD sebesar 2,14 miliar bila nantinya usulan ke Kementerian PUPR terealisasi, muali dari pengambilan rangka, pemasangan sampai dengan pekerjaan lantai. 


    "Mudah-mudahan tahun ini bisa terealisasi pembangunan jembatan Desa Sungai Sambang ini. Untuk tahun ini juga sebenarnya kita melakukan pembangunan di jembatan di Desa Nanga koman, usulan BPBD juga ada 5 lokasi jembatan lewat dana pusat BNPB. Mudah-mudahan tahun bisa banyak realisasi pembangunan jembatan, " harapnya. 

    Komentar

    Tampilkan