-->
  • Jelajahi

    Copyright © BATU BERTULIS NEWS
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Sosialisasi OSS RBA, Pemkab Sekadau Ciptakan Iklim Investasi yang Kondusif

    Bertulis Network
    Monday 8 July 2024, July 08, 2024 WIB
    Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Implementasi Perizinan Berusaha Berbasis Risiko (OSS RBA) dan pengawasan perizinan berusaha di Aula Kantor Camat Sekadau Hilir, Senin, 8 Juli 2024.


    Batubertulisnews, Sekadau- Wakil Bupati Sekadau, Subandrio ungkap ada tiga keuntungan bila usaha sudah memiliki izin pada kegiatan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Implementasi Perizinan Berusaha Berbasis Risiko (OSS RBA) dan pengawasan perizinan berusaha di Aula Kantor Camat Sekadau Hilir, Senin, 8 Juli 2024.


    Subandrio mengatakan legalitas atau perizinan sangatlah penting bagi pelaku usaha maupun penanam modal. Ada tiga hal yang membuatnya penting, pertama ada kepastian hukum, sehingga pelaku usaha dapat menjalankan usahanya dengan tenang. 


    Kedua mempermudah pemerintahan dalam melakukan pembinaan dan pengawasan. Hal ini sejalan dengan keinginan pemerintah agar semua usaha di Sekadau maju, makmur, dan sejahtera. Banyaknya usaha di Sekadau juga akan menimbulkan multiplayer efek, di mana selain membuka lapangan pekerjaan, juga siklus ekonomi berjalan, dengan demikian angka pengangguran berkurang. 


    Ketiga mempermudahkan pemerintah daerah dan pemerintahan pusat dalam memberikan bantuan keuangan. Subandrio menegaskan bahwa pemerintah tidak akan memberikan bantuan keuangan kepada pelaku usaha yang abal-abal. 


    "Tahun 2021 Pemda pernah memberikan bantuan UMKM, 1750 UMKM Sekadau dapat bantuan Rp. 2.400.000 untuk satu UMKM. Setelah covid bukan berkembang malah bangkrut," kata Subandrio. 



    Terkait target realisasi investasi dari pemerintah pusat sebesar 500 miliar pada tahun 2024, Subandrio menyebut Pemda berusaha untuk menciptakan iklim yang kondusif yang nyaman untuk berinvestasi. Upaya ini dibuktikan dengan tiga tahun terakhir laju pertumbuhan ekonomi di Sekadau terus meningkat, daya beli masyarakat juga meningkat. 


    Sementara itu, dalam berinvestasi tentu ada aturan-aturan yang harus dipahami. Maka dari itu Pemda mempermudah perizinan usaha melalui OSS RBA. Salah satunya lewat kegiatan pagi hari itu. 


    "Kalau masih ada kendala, dari PTSP siap membantu dengan mobil Lanjutkan Bersama, untuk mempermudah pelaku usaha mendapatkan perizinan. Bagi yang sudah punya perizinan silahkan ajukan KUR, untuk modal usaha, " imbuh Subandrio. 


    Senada, Camat Sekadau Hilir, Gustar Indarto menjelaskan sosialisasi ini diikuti 40 orang dari pelaku usaha mikro, kecil dan menengah di Kecamatan Sekadau Hilir. Sesuai dengan tema yang ada, kegiatan ini sebagai upaya pemerintah untuk penyederhanaan proses perizinan, serta mendorong iklim investasi supaya kondusif. Juga sebagai bentuk komitmen pemda dalam memberikan pemahaman menyeluruh terkait perizinan berbasis resiko. 


    "Perizinan itu melalui PTSP, diharapkan peserta kegiatan berdiskusi dengan narasumber, proaktif mendiskusikan terkait persyaratan bagaimana pelaku usaha bisa memperoleh izin, untuk keleluasaan dalam bekerja dan modal usaha, " pungkasnya.


    Komentar

    Tampilkan