-->
  • Jelajahi

    Copyright © BATU BERTULIS NEWS
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Dinas Koperasi UKMP Sekadau Gelar Sosialisasi Packaging Bagi Pelaku UMKM

    Bertulis Network
    Wednesday 7 August 2024, August 07, 2024 WIB

     

    Foto bersama Wabup Sekadau dan Dinas Koperasi UKMP Sekadau saat membuat Sosialisasi Packaging. 

    Batubertulisnews.com, Sekadau - Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Sekadau laksanakan Sosialisasi Packaging (Pengemasan) Produk Pelaku UMKM di Aula Gedung Sekadau UMKM Centre, Selasa 6 Agustus 2024.


    Ketua Panitia Pelaksana, Etika Haryati, menyampaikan diharapkan dari kegiatan tersebut Pelaku Usaha Mikro di Kabupaten Sekadau dapat menciptakan inovasi dan kreasi produk dalam kerangka pengembangan perekonomian daerah. 


    Maksud dan tujuan penyelenggaraan kegiatan ini yaitu, untuk memfasilitasi dan memberikan informasi serta arahan oleh Pemerintah Daerah dalam meningkatkan keterampilan. Kemudian menambah wawasan dan pengetahuan Sumber Daya Manusia Pelaku UMKM, dalam meningkatkan kualitas, inovasi, dalam membuat kemasan suatu produk untuk melindungi adanya kerusakan atas produk yang dijual. Serta membuat kemasan yang menarik tetapi tetap efesien dengan harga yang terjangkau dan mampu bersaing dengan produk lain. 


    Melalui Pelatihan ini hasil yang diharapkan adalah adanya tambahan peningkatan dan pengetahuan Pelaku UMKM dalam mempertahankan kelangsungan usaha agar mampu bersaing dengan produk lain.


    Menjaga Produk agar tetap bersih dan terhindar dari kontaminasi bakteri. Menjaga Kulitas makanan, meminimalkan pemborosan makanan, dan mengurangi bahan pengawet yang digunakan dalam makanan. Memberikan tampilan atau desain kemasan yang menarik perhatian calon konsumen 


    Pelatihan ini diikuti peserta sebanyak 30 orang pelaku UMKM di Kabupaten Sekadau. Pelatihan dipusatkan di Aula Gedung Sekadau UMKM Centre pada tanggal 6 Agustus 2024. 


    Kegiatan ini menghadirkan narasumber dari MAS PACK (Terminal Kemasan Pontianak) dengan materi Packaging (Pengemasan) produk bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah di Kabupaten Sekadau Tahun 2024.



    Fasilitas yang akan diberikan kepada peserta Pelatihan berupa makan minum selama kegiatan, ATK, sertifikat pelatihan dan penggantian biaya transport. Adapun Dana atau pembiayaan yang berkaitan dengan kegiatan ini berasal dari Dana Alokasi Umum (DAU) pada Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Sekadau Tahun 2024.


    Sementara itu, Wakil Bupati Sekadau Subandrio, yang membuka secara resmi kegiatan mengatakan UMKM adalah salah satu usaha penggerak ekonomi utama di Provinsi Kalimantan Barat, termasuk juga UMKM di Kabupaten Sekadau. UMKM bisa bertumbuh apabila pertumbuhan ekonomi suatu daerah baik. 


    Melalui pelatihan ini, Subandrio berharap pelaku UMKM dapat mencari formulasi baru agar bisa bersaing dengan pelaku UMKM dari kabupaten lain. Terutama ciri khas rasa dan kemasan harus menarik. Produk yang dihasilkan juga diharapkan selalu ada, bagi produk makanan dan minuman diharapkan rasa dan kemasan juga selalu terjaga kualitasnya. Produsen bisa memasukkan apa saja kandungan makanan dan tanggal kadaluarsa untuk memudahkan konsumen memilih produk. 


    Lebih lanjut Subandrio menyarankan agar pelaku UMKM selain memanfaatkan UMKM Centre untuk menjual produknya juga dapat memanfaatkan media sosial seperti Facebook. Sehingga komunikasi antar produsen dan konsumen dapat terjalin dengan mudah dan cepat. 


    Terkait permodalan bagi para pelaku UMKM, Wabup Sekadau itu menyebut pemerintah sudah menyiapkan kredit bagi usaha kecil dengan nama Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang bisa digunakan. 

    Komentar

    Tampilkan