-->
  • Jelajahi

    Copyright © BATU BERTULIS NEWS
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Longsor di Mungguk Sekadau, BPBD Ungkap Penyebabnya

    Bertulis Network
    Wednesday 25 September 2024, September 25, 2024 WIB

     


    Batubertulisnews.com, Sekadau- Tanah longsor menggemparkan warga di Jalan Masjid At-Taqwa (Jalan Kabupaten), Desa Mungguk, Kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau, Kalbar, Rabu, 25 September 2024.


    Kalak BPBD Kabupaten Sekadau, Akhmad Suryadi mengatakan longsor itu diketahui setelah mendapatkan informasi dari Kades Mungguk Abang Irwandi dan Kepala RT 01 Abang Suryadi. Tim BPBD dan Tim dari Dinas PUPR Kabupaten Sekadau ke lokasi untuk mengecek kondisi di lapangan. 



    Berdasarkan pengamatan dan analisis singkat di lapangan, jalan tersebut rusak karena mengalami longsor yang dipicu oleh curah hujan tinggi pada tgl 24 September 2024 (tengah malam) jam tidak diketahui pasti dan terdapat jalur air di bawah badan jalan, sehingga membuat tanah dasar jalan tersebut mengalami pergeseran/penurunan tanah dan tidak mampu menahan beban jalan di atasnya.


    Selain itu juga tidak terdapat bronjong/barau pada jalan tersebut yang juga membuat kurangnya kekuatan jalan terhadap curah hujan tinggi. Pada dinding jalan diketahui sangat curam dan berada ditepi Sungai Sekadau.


    Adapun panjang longsor 14,80 meter dengan lebar jalan 4 meter dan lebar longsor badan jalan 2,30 meter serta tinggi longsoran ke sungai 9,40 meter. 


    "Dihimbau kepada warga, untuk berhati-hati melewati jalan tersebut dan warga yang terdampak diharapkan untuk mengungsi, " kata Akhmad Suryadi. 

    Komentar

    Tampilkan