-->
  • Jelajahi

    Copyright © BATU BERTULIS NEWS
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Plt Camat Sekadau Hulu Imbau Masyarakat Update Data Kependudukan Jelang Pilkada

    Bertulis Network
    Saturday 7 September 2024, September 07, 2024 WIB

     

    Plt Camat Sekadau Hulu, Fransisco Wardianus

    Batubertulisnews.com, Sekadau- Plt Camat Sekadau Hulu, Fransisco Wardianus menghimbau masyarakat aktif laporkan data kependudukan terutama terkait kelahiran dan kematian, Sabtu, 7 September 2024.


    Hal ini karena masih banyak yang menganggap bahwa administrasi kependudukan terutama akta kematian sebagai hal yang belum sepenuhnya penting. Padahal data tersebut sangat berpengaruh dalam berbagai aspek pembangunan, terutama saat penyelenggaraan pesta demokrasi yang dilaksanakan setiap lima tahun sekali. 


    "Penambahan dan pengurangan penduduk setiap bulan kita diberikan data oleh desa dan dusun, kami melakukan pendataan dari tingkat bawah ke atas. Rekapitulasi dari 15 desa di Sekadau Hulu kita sampaikan ke kabupaten," kata Plt Camat Sekadau Hulu itu. 



    Fransisco Wardianus atau biasa disapa Mejeng mengatakan dalam satu bulan pasti ada kelahiran dan kematian. Meski tidak selalu sama angkanya, namum dipastikan ada perubahan jumlah penduduk setiap bulannya.


    "Nah terkait akta kematian, itu tergantung masyarakat, apakah mau mengurus atau tidak, kesadaran masyarakat saja, ada yang memang membutuhkan, ada juga yang berpikir tidak dibutuhkan, " lanjut Mejeng. 


    Terkait pemilukada, Mejeng menilai sudah ada penyelenggara pemilu di tingkat desa yang pastinya akan ikut mendata jumlah penduduk yang memiliki hak pilih. Adanya perubahan-perubahan data itu juga sudah dibahas di tingkat kecamatan dan nantinya sebulan sebelum pemilihan juga akan di update data pemilih. 


    "Saya berharap warga masyarakat bisa aktif mengurus administrasi kependudukan, baik akta kelahiran, akta kematian, itu penting sekali, biasanya permasalahan itu akan muncul ketika mau pemilu, atau yang bekerja di perusahaan dan lain-lain. Jadi sedianya harus segera diproses data-data tersebut agar ketika dibutuhkan dapat segera digunakan," imbau Mejeng.

    Komentar

    Tampilkan